google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Didukung Sektor Properti dan Otomotif, Asahimas (ASFG) Optimistis Kinerja 2022 Moncer Langsung ke konten utama

Didukung Sektor Properti dan Otomotif, Asahimas (ASFG) Optimistis Kinerja 2022 Moncer


Produsen kaca lembaran dan kaca otomotif, PT Asahimas Flat Glass Tbk (AMFG) optimistis kinerja di tahun 2022. Hal ini seiring perbaikan ekonomi Indonesia yang menggerakan sejumlah sektor yang dapat mengerek permintaan terhadap produk kaca lembaran dan otomotif.

Christoforus, Corporate Secretary Asahimas Flat Glass menyampaikan, permintaan produk kaca lembaran dan kaca otomotif masih akan meningkat seiring dengan pertumbuhan positif di pasar properti maupun otomotif, khususnya di dalam negeri. AMFG pun menargetkan pertumbuhan penjualan di tahun 2022 bakal lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

AMFG sendiri belum merilis laporan keuangan tahun 2021. Walau begitu, perusahaan ini membidik total penjualan sekitar Rp 4,5 triliun di tahun buku 2021.

“Prospek untuk tahun 2022 kami harapkan bisa lebih baik, dengan catatan pertumbuhan sektor properti dan otomotif meningkat dan pandemi menurun,” ujar dia, Senin (7/2).

Mengutip materi paparan publik bulan November 2021, AMFG memproduksi kaca lembaran eksterior dan interior. Beberapa proyek gedung baru di tahun 2020-2021 yang menggunakan produk kaca lembaran AMFG contohnya adalah Ciputra World 3, Surabaya, Menara BRI, Jakarta, 57 Promenade Apartment, Jakarta, Wisma Barito Office, Jakarta, Jakarta International College, Jakarta, Sarinah Office, Jakarta, dan lain-lain.

Sementara itu, AMFG turut memproduksi beberapa jenis kaca otomotif seperti laminated glass, tempered glass, dan assembling.

Beberapa pelanggan yang menggunakan produk kaca otomotif AMFG di antaranya adalah Toyota, Honda, Mitsubishi Motors, Daihatsu, Hyundai, Hino, Suzuki, Isuzu, UD Trucks, Nissan, Mercedes-Benz Daimler, hingga General Motors. AMFG juga memproduksi kaca otomotif untuk pabrikan alat berat seperti Yanmar, Hitachi, dan Iseki.

Christoforus melanjutkan, prospek penjualan AMFG di pasar ekspor juga masih menjanjikan, asalkan tidak ada peningkatan kasus Covid-19 yang berlebihan sehingga menyebabkan lockdown di negara-negara tujuan ekspor. AMFG melakukan pemasaran ekspor lewat agen penjualannya yaitu AGC Asia Pacific Pte., Ltd yang berlokasi di Singapura.

“Dengan jaringan global yang dimiliki, kami berharap penjualan produk kaca perusahaan akan meningkat,” imbuhnya.

Asal tahu saja, per kuartal III-2021, AMFG meraih penjualan sebesar Rp 3,48 triliun. Dari situ, 37% di antaranya merupakan kontribusi dari penjualan ekspor.

Christoforus bilang, ekspor kaca otomotif hanya memiliki porsi 10% dari total penjualan ekspor AMFG, sehingga tampak porsi ekspor dari produk kaca lembaran lebih dominan.

Adapun mayoritas penjualan ekspor AMFG ditujukan ke negara-negara Asia-Pasifik seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Jepang, China, India, Pakistan, Australia, dan Selandia Baru. AMFG juga menjual produknya ke Amerika Serikat, Belgia, Italia, dan Brasil.

Manajemen AMFG mengaku, gangguan ketersediaan vessel cukup mempengaruhi kegiatan operasional dan logistik perusahaan tersebut. Dampaknya, terjadi kenaikan biaya ekspor dan perubahan jadwal pengiriman produk ke pelanggan AMFG.

AMFG pun telah melakukan upaya perbaikan dengan menjadwalkan kembali ekspornya usai ada keterlambatan vessel. “Kami juga melakukan kerja sama dengan forwarder dalam mengatasi keterbatasan ini,” tukas Christoforus.

Lebih lanjut, Christoforus bilang bahwa di tahun 2022, AMFG kemungkinan akan menyediakan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar US$ 10juta-15 juta. Capex tersebut lebih ditujukan untuk modal kerja dan pemeliharaan rutin perusahaan saja.

AMFG belum memiliki rencana investasi besar dalam waktu dekat. Pasalnya, AMFG baru selesai melakukan relokasi dan ekspansi pabrik kaca lembaran di Cikampek, Jawa Barat pada tahun 2019 lalu.

Dengan adanya penambahan kapasitas pabrik di Cikampek, maka kapasitas produksi kaca lembaran AMFG sekarang mencapai 720.000 ton per tahun dari sebelumnya hanya 570.000 per tahun.


sumber : kontan

Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit