google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Modal Rp 70 Juta, Pensiunan Tentara Bikin Perusahaan Raksasa Huawei Langsung ke konten utama

Modal Rp 70 Juta, Pensiunan Tentara Bikin Perusahaan Raksasa Huawei


Banyak perusahaan besar dibangun oleh pendirinya sejak usia muda. Namun, kisah raksasa teknologi asal China, Huawei berbeda.

Seperti dikutip dari yourtechstory, Jumat (26/2/2021), perusahaan ini dibangun saat pendirinya berusia empat puluh tahunan. Kisahnya memberi pelajaran bahwa tidak ada kata terlambat untuk sukses.

Sang pendiri itu ialah Ren Zhengfei. Ia terlahir pada 25 Oktober 1944 di Anshun, China. Ayahnya bekerja sebagai juru tulis di sebuah pabrik senjata pemerintah.

Usai menyelesaikan sekolah menengah, Ren melanjutkan pendidikan di Chongqing University di tahun 1960. Setelah lulus, ia bergabung ke dalam lembaga penelitian Tentara Pembebasan Rakyat (People Liberation Army/PLA) bekerja di bagian teknologi militer di IT unit. Ini jauh sebelum ia membangun Huawei.

Ren memiliki prestasi menonjol di bidang itu. Inovasi dan prestasi Ren diakui dan membuatnya terpilih untuk menghadiri Konferensi Sains Nasional di tahun 1978 sebagai delegasi PLA.

Dia pensiun dari tentara pada tahun 1983 ketika pemerintah China menghentikan seluruh unit teknik. Ia menghabiskan waktu di tempat itu selama 9 tahun.

Setelah itu, Ren melanjutkan karirnya dengan bekerja di Shenzhen South Sea Oil Corporation. Tapi, ia meninggalkan pekerjaan itu di tahun 1987 karena merasa pekerjaan itu dianggap tak memuaskan dan sesuai dengan bakatnya. Lalu, ia meninggalkan Shenzhen.

Ren mendirikan Huawei Technologies Co Ltd pada tahun yang sama saat meninggalkan Shenzhen. Ia membangun perusahaan yang kelak menjadi perusahaan raksasa ini dengan modal 21.000 yuan atau sekitar US$ 5.000 atau sekitar Rp 70 juta (kurs Rp 14.000)

Bisnis awal Huawei ialah menjual peralatan telekomunikasi dari Hong Kong. Ren mengambil posisi sebagai posisi sebagai CEO dan menjadikan Huawei sebagai merek ponsel teratas dunia setelah Apple dan Samsung.

Tidak seperti perusahaan besar lainnya, kepemilikan Huawei dipegang oleh 85.000 karyawannya. Semua karyawannya memiliki saham dan menyisakan 1,4% untuk Ren Zhengfei dengan nilai US$ 450 juta di tahun 2010. Ren tetap menjadi pendiri dan dihormati karyawannya.

"Zhengfei melepaskan kepemilikan perusahaan kepada karyawan untuk menjamin kelangsungannya dan menarik bakat," kata Joe Kelly, VP Huawei untuk hubungan media internasional.

Sistem kepemimpinan di perusahaan ini pun terbilang unik. Sebagian besar keputusan perusahaan dibuat oleh insinyur perusahaan. Kemudian, kegiatan sehari-hari perusahaan dijalankan oleh tiga eksekutif berbeda, di mana masing-masing berada di posisi CEO setiap enam bulan secara bergilir.

Sistem rotasi ini membantu perusahaan untuk menghadapi kepentingan politik yang buruk. Sistem rotasi ini juga memberikan kesempatan yang sama kepada masing-masing pimpinan untuk menunjukkan bakatnya dan memajukan perusahaan.

Disamping itu, perusahaan juga fokus pada penelitian dan inovasi. Huawei sendiri menginvestasikan 10% dari pendapatan tahunanya untuk R&D.

Terbuki, sistem yang diterapkan Ren membuat perusahaannya besar dan mendatangkan keuntungan pada dirinya. Forbes mencatat, kekayaannya saat ini US$ 1,4 miliar atau setara Rp 19,6 triliun.


sumber : detik.com

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan