google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Amblas 8% Pekan Lalu, Nasib Batu Bara Diramal Suram! Langsung ke konten utama

Amblas 8% Pekan Lalu, Nasib Batu Bara Diramal Suram!

Harga batu bara ambruk 8,42% dan jatuh ke bawah level psikologis US$ 400 per ton pada pekan lalu. Harga batu bara diperkirakan masih akan melemah pekan ini karena kekhawatiran resesi mulai meningkat.
Amblasnya harga batu bara hingga 8,42% dalam sepekan adalah yang terdalam sejak pertengahan Juni 2022. Pada pekan kedua Juni 2022, harga batu bara sempat jatuh 11,7% sepekan.

Harga batu bara mulai melemah sejak Rabu hingga Jumat pekan lalu. Pelemahan sekaligus mengakhiri kinerja impresif batu hitam yang menguat selama 13 hari beruntun.

Pada perdagangan terakhir pekan lalu, Jumat (15/7/2022), harga batu bara ditutup melemah 7,36% di posisi US$ 380,5 per ton. Penurunan tersebut adalah yang terdalam sejak 24 Mei lalu di mana harga batu bara amblas 8,3%. Pelemahan harga pada Jumat lalu juga membuat batu bara terlempar dari level psikologis US$ 400 per ton.

Dalam sebulan harga batu bara masih melonjak 10,3% secara point to point sementara dalam setahun melesat 158,7%.


Profesor di bidang ekonomi di University of Science and Technology Malaysia Geoffrey Williams mengatakan harga komoditas akan kembali moderat, termasuk batu bara dan minyak mentah dunia.

Kenaikan suku bunga acuan di tingkat global, tingginya inflasi serta melambatnya pertumbuhan meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya resesi.
Kondisi tersebut membuat pelaku pasar komoditas akan menahan diri.

"(Menurunnya harga komoditas) mencerminkan normalisasi di pasar. Pasar tengah mencermati pasokan dan permintaan ke depan," tutur Geoffrey Williams, seperti dikutip Free Malaysia Today.

Helima Croft dari RBC Capital Markets, menyampaikan hal yang sama. Resesi kini menjadi kekhawatiran global dan bisa membuat hard landing pada ekonomi.

"Ketakutan akan terjadinya resesi global menjadi isu yang paling penting saat ini. Melandainya harga komoditas menjadi kekhawatiran baru karena bisa menjadi tanda hard landing ekonomi dan penurunan tajam pada permintaan," tuturnya kepada Barron's.

Analis logam dari CommBank Vivek Dhar memperkirakan harga baru bara masih akan melemah sejalan dengan terus melandainya produksi baja dunia.

Produksi baja di luar China terus terkontraksi dari Maret hingga Mei 2022. Harga baja rebar anjlok di bawah CNY 3.930 per ton pekan lalu, level terendah sejak November 2020. Harga terus anjlok karena melemahnya permintaan.

"Dengan meningkatnya kekhawatiran perlambatan ekonomi global, sulit bagi batu bara kokas terus naik, terutama karena harga baja yang terus melemah," ujar Dhar, seperti dikutip dari Stock Head.

Melandainya harga batu bara juga dipengaruhi harga gas mengingat batu bara adalah sumber energi alternatif bagi gas.
Harga gas alam EU Dutch TTF (EUR) kini berada di kisaran 159 euro per megawatt-jam. Jauh lebih rendah dibandingkan kisaran 180 euro pada pekan sebelumnya.

Harga gas sempat melandai setelah pasokan gas dari Norwegia kembali meningkat setelah sempat berkurang karena gangguan teknis.

Kendati banyak faktor yang akan menyebabkan downside risk, persoalan cuaca di Eropa diperkirakan masih bisa menopang harga batu bara pada pekan ini.

Gelombang panas di Eropa diperkirakan masih berlanjut pada pekan ini yang bisa membuat permintaan listrik meningkat.

Eropa juga tengah mempercepat pengiriman batu bara sebelum memberlakukan sanksi impor batu bara dari Rusia pada 10 Agustus mendatang. Sejumlah negara Eropa juga akan mengoperasikan kembali pembangkit listrik batu bara mereka untuk mengantisipasi permintaan penggunaan listrik di musim dingin.

Tingginya pengiriman batu bara ke Eropa tercermin dari inventor pada pelabuhan utama mereka.

Montel News melaporkan inventori batu bara pada terminal Amsterdam, Rotterdam an Antwerp (ARA) kini mencapai 6,7 juta ton, tertinggi sejak November 2019.
-
Informasi lengkap pasar saham ada di Website Saham Online.  
Materi belajar trading dan investasi saham ada di Channel Youtube Saham Online. 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan