google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Targetkan Tumbuh Double Digit, PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD) Perkuat Pasarnya Di Amerika Dan Eropa Langsung ke konten utama

Targetkan Tumbuh Double Digit, PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD) Perkuat Pasarnya Di Amerika Dan Eropa


Untuk mencapai target pertumbuhan 25 persen tahun 2022, PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD) . produsen furniture dan building component - tetap akan fokus menggarap market pasar di Amerika. Selain potensinya cukup besar juga masih banyak celah yang belum digarap. Selain itu juga mulai ekspansi menggarap market di Eropa.

Menurut Wang Sutrisno, Direktur PT Integra Indocabinet Tbk, meskipun dibayangi krisis dan inflasi yang tinggi, hingga saat ini pasar di Amerika masih berpeluang untuk terus dikembangkan. Sebab masih banyak celah yang bisa digarap di negeri Paman Sam tersebut.

Sebab, sejauh ini produk furniture dan building component asal Indonesia yang masuk ke Amerika hanya sekitar 5 persen dari total pasar yang ada. Hal ini kalah jauh dengan Vietnam yang sudah berhasil mensupplay market furniture di Amerika hingga 34 persen.

"indonesia memiliki peluang sangat besar mengisi market di Amerika. Saingan berat saat ini hanya Vietnam. Sebab China sulit masuk kesana akibat perang dagang. Indonesia memiliki sumber bahan baku yang melimpah," kata Wang Sutrisno saat public expose secara online, Jumat (15/7).

Diakui, pasar di Amerika saat ini memang sedikit menurun. Hal ini karena laju inflasi yang cukup tinggi dan kenaikan suku bunga perbankan. Sehingga pasar properti juga mengalami penurunan. Imbasnya pasar furniture dan building component juga ikut menurun.

Namun begitu, pihaknya tetap yakin, bisa mampu meningkatkan ekspornya ke Amerika. Sehingga target pertumbuhan 25 persen tahun 2022 akan tercapai dengan baik. Sebab masih banyak celah market yang bisa digarap. Selama ini ekspor ke Amerika masih cukup menjanjikan.

"Saat ini pasar di Amerika mengalami tekanan luar biasa. Namun biasanya pasar akan kembali pulih saat memasuki semester kedua hingga akhir tahun. Itu high season," tambahnya.

Terbukti, selama kuartal pertama tahun 2022 (Q1/2022), pihaknya berhasil meraih transaksi penjualan sebesar Rp1,975 triliun. Jumlah tersebut naik signifikan 116,6 persen dari periode yang sama tahun 2021 dimana perseroan membukukan penjualan sebesar Rp912 miliar.

Dari nilai transaksi, dari ekspor memberikan kontribusi 96,2 persen dengan nilai Rp1,9 triliun naik signifikan dari tahun Q1/2021 senilai Rp886,5 miliar. Ekspor building component berkontribusi Rp1,44 triliun. Sedangkan furniture memberikan kontribusi Rp459,8 miliar.

Sementara itu, pasar domestic selama Q1 tahun 2022, hanya sebesar Rp40,6 miliar. Dari jumlah tersebut, ekspor furniture berkontribusi Rp12,7 miliar. Sedangkan ekspor building component mencapai Rp27,9 miliar. Sementara dari forestry senilai Rp34,8 miliar.

Selain fokus menggarap market di Amerika, pihaknya juga mulai gencar melakukan penjajakan di pasar Eropa. Hal ini karena Rusia sama sekali tidak bisa ekspor furniture ke Eropa akibat perang dengan Ukraina.

"Ini peluang dan sekaligus challenge. Kami terus melakukan penjajakan untuk membuka pasar di Eropa. Selalu ada blessing ditengah ketidakpastian situasi pasar global saat ini," ujarnya.

Soal kinerja tahun 2021, dia mengaku cukup bagus. Sepanjang tahun 2021 emiten berkode WOOD ini berhasil meraih penjualan Rp5,4 triliun naik 84,9 persen dari tahun 2020 yang sebesar Rp2,9 triliun. Dari jumlah tersebut sekitar 91,4 persen atau Rp5,1 triliun berasal dari ekspor ke Amerika.

Penjualan ekspor perseroan naik signifikan karena terdorong penjualan building component yang naik cukup tinggi 196,5 persen dari tahun 2020 dengan nilai Rp3,47 triliun. Sedangkan penjualan furniture naik 34 persen dari Rp1,2 triliun (2020) menjadi Rp1,6 triliun tahun 2021.

Sementara pasar domestik tahun lalu kontribusinya sangat kecil dengan nilai Rp170 miliar dimana furniture berkontribusi Rp112,9 miliar dan building component Rp57,3 miliar. Sedangkan forestry berkontribusi sebesar Rp92,2 miliar.

"Tahun ini memang penjualan segmen building component naik luar biasa sehingga komposisinya lebih besar daripada furniture yang biasanya lebih tinggi. Dan Amerika masih market yang terbesar buat kami," tutup Wang Sutrisno. (end/ahd)
Sumber: iqplus-
Informasi lengkap pasar saham ada di Website Saham Online.  
Materi belajar trading dan investasi saham ada di Channel Youtube Saham Online. 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Menurut Benjamin Graham

Harga Wajar dan Benjamin Graham Harga wajar atau Harga intrinsik adalah harga wajar suatu perusahaan. Jika harga saham diatas Harga wajar artinya saham tersebut mahal dan jika dijual dibawah Harga wajar artinya saham tersebut murah.Salah satu investor yang mempopulerkan tentang Harga wajar adalah Benjamin Graham. Seorang investor yang menjadi figur penting Warren Buffet. Benjamin Graham mengajar di Columbia Business School tempat Warren Buffet menimba ilmu. Benjamin Graham menulis buku the security analysis dan juga the intelligent investor. Buku yang merupakan legenda dan bacaan wajib bagi para value investor di seluruh dunia. Buku yang juga dibaca dan didalami oleh Warren Buffet ataupun Lo Kheng Hong. Harga Wajar menurut Benjamin Graham Mari saya jelaskan bagaimana contoh menghitung Harga wajar. Dan sebagai contoh perusahaan maka saya akan menggunakan salah satu perusahaan lain yang saya beli. Saya menggunakan data EPS 2018 dengan harga EPS 141,84 Komponen yang saya gunakan ada 2 dal