google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Targetkan Tumbuh Double Digit, PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD) Perkuat Pasarnya Di Amerika Dan Eropa Langsung ke konten utama

Targetkan Tumbuh Double Digit, PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD) Perkuat Pasarnya Di Amerika Dan Eropa


Untuk mencapai target pertumbuhan 25 persen tahun 2022, PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD) . produsen furniture dan building component - tetap akan fokus menggarap market pasar di Amerika. Selain potensinya cukup besar juga masih banyak celah yang belum digarap. Selain itu juga mulai ekspansi menggarap market di Eropa.

Menurut Wang Sutrisno, Direktur PT Integra Indocabinet Tbk, meskipun dibayangi krisis dan inflasi yang tinggi, hingga saat ini pasar di Amerika masih berpeluang untuk terus dikembangkan. Sebab masih banyak celah yang bisa digarap di negeri Paman Sam tersebut.

Sebab, sejauh ini produk furniture dan building component asal Indonesia yang masuk ke Amerika hanya sekitar 5 persen dari total pasar yang ada. Hal ini kalah jauh dengan Vietnam yang sudah berhasil mensupplay market furniture di Amerika hingga 34 persen.

"indonesia memiliki peluang sangat besar mengisi market di Amerika. Saingan berat saat ini hanya Vietnam. Sebab China sulit masuk kesana akibat perang dagang. Indonesia memiliki sumber bahan baku yang melimpah," kata Wang Sutrisno saat public expose secara online, Jumat (15/7).

Diakui, pasar di Amerika saat ini memang sedikit menurun. Hal ini karena laju inflasi yang cukup tinggi dan kenaikan suku bunga perbankan. Sehingga pasar properti juga mengalami penurunan. Imbasnya pasar furniture dan building component juga ikut menurun.

Namun begitu, pihaknya tetap yakin, bisa mampu meningkatkan ekspornya ke Amerika. Sehingga target pertumbuhan 25 persen tahun 2022 akan tercapai dengan baik. Sebab masih banyak celah market yang bisa digarap. Selama ini ekspor ke Amerika masih cukup menjanjikan.

"Saat ini pasar di Amerika mengalami tekanan luar biasa. Namun biasanya pasar akan kembali pulih saat memasuki semester kedua hingga akhir tahun. Itu high season," tambahnya.

Terbukti, selama kuartal pertama tahun 2022 (Q1/2022), pihaknya berhasil meraih transaksi penjualan sebesar Rp1,975 triliun. Jumlah tersebut naik signifikan 116,6 persen dari periode yang sama tahun 2021 dimana perseroan membukukan penjualan sebesar Rp912 miliar.

Dari nilai transaksi, dari ekspor memberikan kontribusi 96,2 persen dengan nilai Rp1,9 triliun naik signifikan dari tahun Q1/2021 senilai Rp886,5 miliar. Ekspor building component berkontribusi Rp1,44 triliun. Sedangkan furniture memberikan kontribusi Rp459,8 miliar.

Sementara itu, pasar domestic selama Q1 tahun 2022, hanya sebesar Rp40,6 miliar. Dari jumlah tersebut, ekspor furniture berkontribusi Rp12,7 miliar. Sedangkan ekspor building component mencapai Rp27,9 miliar. Sementara dari forestry senilai Rp34,8 miliar.

Selain fokus menggarap market di Amerika, pihaknya juga mulai gencar melakukan penjajakan di pasar Eropa. Hal ini karena Rusia sama sekali tidak bisa ekspor furniture ke Eropa akibat perang dengan Ukraina.

"Ini peluang dan sekaligus challenge. Kami terus melakukan penjajakan untuk membuka pasar di Eropa. Selalu ada blessing ditengah ketidakpastian situasi pasar global saat ini," ujarnya.

Soal kinerja tahun 2021, dia mengaku cukup bagus. Sepanjang tahun 2021 emiten berkode WOOD ini berhasil meraih penjualan Rp5,4 triliun naik 84,9 persen dari tahun 2020 yang sebesar Rp2,9 triliun. Dari jumlah tersebut sekitar 91,4 persen atau Rp5,1 triliun berasal dari ekspor ke Amerika.

Penjualan ekspor perseroan naik signifikan karena terdorong penjualan building component yang naik cukup tinggi 196,5 persen dari tahun 2020 dengan nilai Rp3,47 triliun. Sedangkan penjualan furniture naik 34 persen dari Rp1,2 triliun (2020) menjadi Rp1,6 triliun tahun 2021.

Sementara pasar domestik tahun lalu kontribusinya sangat kecil dengan nilai Rp170 miliar dimana furniture berkontribusi Rp112,9 miliar dan building component Rp57,3 miliar. Sedangkan forestry berkontribusi sebesar Rp92,2 miliar.

"Tahun ini memang penjualan segmen building component naik luar biasa sehingga komposisinya lebih besar daripada furniture yang biasanya lebih tinggi. Dan Amerika masih market yang terbesar buat kami," tutup Wang Sutrisno. (end/ahd)
Sumber: iqplus-
Informasi lengkap pasar saham ada di Website Saham Online.  
Materi belajar trading dan investasi saham ada di Channel Youtube Saham Online. 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Money Flow Index | Penggunaan dan Setting Indikator MFI

Apa itu Money Flow Index (MFI)? Money Flow Index (MFI) adalah osilator teknis yang menggunakan harga dan volume untuk mengidentifikasi kondisi jenuh beli atau jenuh jual dalam aset. Hal ini juga dapat digunakan untuk melihat divergensi yang memperingatkan perubahan tren harga. Osilator bergerak antara 0 dan 100. Tidak seperti osilator konvensional seperti Relative Strength Index (RSI) , Money Flow Index menggabungkan data harga dan volume, sebagai lawan dari harga yang adil. Untuk alasan ini, beberapa analis menyebut MFI sebagai "the volume-weighted RSI". Money Flow Index pada Indonesia Composite Kunci dalam Memahami Indikator MFI Indikator biasanya dihitung menggunakan 14 periode data. Pembacaan MFI di atas 80 dianggap overbought dan pembacaan MFI di bawah 20 dianggap oversold. Overbought dan oversold tidak selalu berarti harga akan berbalik, hanya saja harga mendekati tinggi atau rendah dari kisaran harga terbaru. Pembuat indeks, Gene Quong dan Avru...

Mengenal Indikator ADX | Indikator Kekuatan Trend

Perdagangan pada arah tren yang kuat mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan. Average Directional Index (ADX) digunakan untuk menentukan kapan harga sedang tren kuat. Dalam banyak kasus, ini adalah indikator tren utama. Bagaimanapun, tren adalah mungkin teman Anda, tentu menyenangkan untuk mengetahui siapa teman Anda. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang ADX sebagai indikator kekuatan tren. Memahami Indikator ADX ADX digunakan untuk mengukur kekuatan tren. Perhitungan ADX didasarkan pada Moving Average dari ekspansi kisaran harga selama periode waktu tertentu. Pengaturan standarnya adalah 14 bar, meskipun periode waktu lain dapat digunakan. ADX dapat digunakan pada kendaraan perdagangan apa saja seperti saham, reksadana, dana yang diperdagangkan di bursa dan futures. ADX diplot sebagai garis tunggal dengan nilai-nilai mulai dari yang rendah dari nol sampai yang tinggi dari 100. ADX adalah non-directional; itu mencatat kekuatan tren apakah harga sedang t...

PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk (GOLD) Catat Pendapatan Rp35,64 Miliar Hingga September 2022

PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk (GOLD) mencatat pendapatan Rp35,64 miliar hingga periode 30 September 2022 naik dari pendapatan Rp32,97 miliar di periode yang sama tahun sebelumnya. Laporan keuangan perseroan Rabu menyebutkan, beban pokok pendapatan naik menjadi Rp13,29 miliar dari Rp11,91 miliar dan laba kotor naik menjadi Rp22,34 miliar dari laba kotor Rp21,06 miliar tahun sebelumnya. Beban usaha naik menjadi Rp7,58 miliar dari Rp6,90 miliar membuat laba operasi naik tipis menjadi Rp14,76 miliar dari laba operasi Rp14,16 miliar tahun sebelumnya. Laba sebelum pajak menjadi Rp13,93 miliar naik dari laba sebelum pajak Rp13,17 miliar dan laba bersih yang diatribusikan ke pemilik entitas induk mencapai Rp13,14 miliar naik dari laba bersih Rp12,24 miliar tahun sebelumnya. Jumlah liabilitas mencapai Rp41,41 miliar hingga periode 30 September 2022 naik dari jumlah liabilitas Rp34,44 miliar hingga periode 31 Desember 2021 dan jumlah aset mencapai Rp394,69 miliar hingga periode 30 Se...