google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Saham AALI | 12 Februari 2019 Langsung ke konten utama

Analisa Saham AALI | 12 Februari 2019

AALI: Margin pressure still remains

AALI mencatatkan volume penjualan CPO sebesar 159 ribu ton (+52,3% YoY; -22,7% MoM) di bulan Des’18. Dengan demikian volume penjualan 2018 tercatat sebesar 1,63 juta ton (+29,6% YoY). Hal ini menjadi katalis positif ditengah tren penurunan harga jual. Kenaikan volume penjualan juga didukung oleh kenaikan volume produksi FFB dan CPO yang tercatat sebesar 435 ribu ton (+12,8% YoY; -12,1% MoM) dan 146 ribu ton (+12,1% YoY; -16,4% MoM) di Des’18. AALI akan berfokus untuk melakukan replanting kedepannya seiring dengan profil umur tanaman yang mayoritasnya telah lebih dari 20 tahun. Sejalan dengan hal ini, kami memperkirakan capex di tahun 2019 akan berada di kisaran Rp1,7 triliun sampai dengan Rp1,8 triliun. Memasuki tahun 2019, kami memperkirakan volume penjualan dan produksi CPO akan bertumbuh lebih lambat di kisaran 5%-6% dan perbaikan harga jual ditengah melambatnya pertumbuhan produksi akan menjadi katalis positif bagi AALI. Namun demikian, tekanan marjin masih akan berlanjut seiring dengan meningkatnya pembelian FFB eksternal dan aktivitas trading CPO di 2019. Dengan demikian kami merekomendasikan HOLD untuk AALI dengan menaikkan TP ke Rp14,725 (sebelumnya Rp12,400) atau setara dengan implied PE 16,82x di 2019. Saat ini AALI diperdagangkan pada PE 15,7x atau setara dengan -0,4x std.dev PE 5 tahun terakhir dan 5,9% premium dibandingkan dengan LSIP.

Volume penjualan meningkat tinggi. AALI mencatatkan volume penjualan CPO di bulan Des’18 sebesar 159 ribu ton (+52,3% YoY; -22,7% MoM) meningkat signifikan dibanding pencapaian di Des’17 sebesar 104 ribu ton. Sejalan dengan hal ini, volume penjualan di 2018 tercatat sebesar 1,63 juta ton (+29,6% YoY). Selain produk CPO, produk refined products juga mencatatkan kenaikan volume penjualan yang signifikan. Kenaikan volume penjualan tertinggi dicatatkan oleh RBDPO dimana volume penjualan 2018 sebesar 171 ribu ton (+37,2% YoY). Peningkatan volume penjualan menjadi katalis positif ditengah harga jual yang cenderung melemah di 2018. Sebagai informasi, harga CPO global tercatat turun sebesar 18% YoY sepanjang tahun 2018.

Produksi FFB dan CPO bertumbuh double-digit. Sejalan dengan tingginya pertumbuhan volume penjualan, volume produksi FFB dan CPO di Des’18 tercatat sebesar 435 ribu ton (+12,8% YoY; -12,1% MoM) dan 146 ribu ton (+12,1% YoY; -16,4% MoM). Dengan demikian volume produksi FFB dan CPO di 2018 tercatat sebesar 5,76 juta ton (+10,2% YoY) dan 1,94 juta ton (+18,5% YoY). Tingginya produksi di tahun 2018 juga dipicu oleh cuaca yang mendukung. Kenaikan produksi ini juga mendorong peningkatan FFB yield dan CPO yield ke di 2018 kisaran 21,4 ton/Ha (11M18: 19,5 ton/Ha) dan 7,2 ton/Ha (11M18: 6,6 ton/Ha). Selain dari kenaikan volume produksi, kenaikan FFB yield dan CPO yield juga didukung oleh berkurangnya planted area disebabkan oleh penebangan pohon untuk aktivitas replanting.

Aktivitas replanting menjadi fokus kedepan. Seiring dengan porsi tanaman berumur lebih dari 20 tahun yang mencapai 39,9%, kedepannya aktivitas replanting akan menjadi fokus AALI. Sejalan dengan hal ini, kami memperkirakan capex di tahun 2019 masih akan sama seperti 2 tahun sebelumnya di kisaran Rp1,7 triliun sampai dengan Rp1,8 triliun dan untuk penggunaannya akan berfokus pada segmen plantation untuk aktivitas replanting dan membiayai perawatan untuk tanaman yang belum menghasilkan (immature).

Marjin keuntungan masih tertekan. Marjin laba kotor sampai dengan 9M18 tercatat sebesar 19,2% atau turun dibanding tahun sebelumnya (9M17: 23,2%). Penurunan ini tidak hanya dikontribusi oleh penurunan harga jual dari produk perkebunan AALI terutama CPO, tetapi juga disebabkan tingginya pembelian FFB dari eksternal yang memicu kenaikan biaya produksi. Selain itu, AALI juga telah memasuki bisnis trading CPO dimana marjin keuntungan dari aktivitas tersebut lebih kecil dibandingkan dengan menjual CPO hasil produksi. Kedepannya kami memperkirakan pembelian FFB dari eksternal akan terus meningkat ke kisaran 60%-65% dari total produksi CPO dan aktivitas trading CPO juga akan meningkat. Dengan demikian marjin laba kotor di tahun 2019 kami perkirakan turun sedikit ke kisaran 18,7%.

Kami masih merekomendasikan HOLD dengan target harga Rp14.725. Memasuki tahun 2019, kami memperkirakan volume penjualan dan produksi CPO akan bertumbuh lebih lambat di kisaran 5%-6% dan perbaikan harga jual ditengah melambatnya pertumbuhan produksi akan menjadi katalis positif bagi AALI. Namun demikian, tekanan marjin masih akan berlanjut seiring dengan meningkatnya pembelian FFB eksternal dan aktivitas trading CPO di 2019. Dengan demikian kami merekomendasikan HOLD untuk AALI dengan menaikkan TP ke Rp14,725 (sebelumnya Rp12,400) atau setara dengan implied PE 16,82x di 2019. Saat ini AALI diperdagangkan pada PE 15,7x atau setara dengan -0,42x std.dev PE 5 tahun terakhir dan 5,9% premium dibandingkan dengan LSIP.



Best Regards,
Panin Sekuritas

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan