google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Pengertian BREAKOUT dan Contohnya Langsung ke konten utama

Pengertian BREAKOUT dan Contohnya

Apa Arti Breakout?

Breakout mengacu pada keadaan ketika harga suatu aset bergerak di atas area resistance, atau bergerak di bawah area support. Breakout menunjukkan potensi harga untuk memulai tren di arah breakout. Misalnya, penembusan ke atas dari pola grafik dapat mengindikasikan harga akan mulai tren lebih tinggi. Breakout yang terjadi pada volume tinggi (relatif terhadap volume normal) menunjukkan keyakinan yang lebih besar yang berarti harga lebih cenderung untuk tren ke arah itu.

Breakout Dalam Saham

Breakout adalah ketika harga bergerak di atas level resistance atau bergerak di bawah level support.
Breakout bisa bersifat subjektif karena tidak semua pedagang akan mengenali atau menggunakan level support dan resistance yang sama. Breakout memberikan peluang perdagangan yang baik. Tembusan ke atas menandakan pedagang untuk kemungkinan mendapatkan posisi beli atau menutup posisi sell. Tembusan ke bawah memberi sinyal pada pedagang untuk kemungkinan mendapatkan posisi jual atau menjual posisi buy. Breakout dengan volume yang relatif tinggi menunjukkan keyakinan dan minat, dan oleh karena itu harga lebih cenderung untuk terus bergerak ke arah breakout. Breakout pada volume relatif rendah lebih rentan terhadap kegagalan, sehingga harga cenderung tren dalam arah breakout.

Analisa Terhadap Breakout

Breakout terjadi karena harga telah terkandung di bawah level resistance atau di atas level support, berpotensi untuk beberapa waktu. Level resistance atau support menjadi garis yang digunakan banyak trader untuk menetapkan titik masuk atau menghentikan level kerugian. Ketika harga menembus support atau resistance tingkat pedagang menunggu untuk breakout, dan mereka yang tidak ingin harga breakout keluar dari posisi mereka untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Kesibukan kegiatan ini akan sering menyebabkan volume naik, yang menunjukkan banyak pedagang tertarik pada level itu. Volume yang lebih tinggi dari rata-rata membantu mengonfirmasi tren. Jika ada sedikit volume pada breakout, level tersebut mungkin tidak signifikan bagi banyak pedagang, atau tidak cukup banyak pedagang merasa dihukum untuk menempatkan perdagangan di dekat level tersebut. Volume rendah ini lebih cenderung gagal. Dalam kasus penembusan sisi atas, jika gagal harga akan jatuh kembali di bawah resisten. Dalam kasus breakout turun, sering disebut breakdown, jika gagal harga akan reli kembali di atas level support yang pecah di bawah.

Breakout umumnya dikaitkan dengan rentang atau pola grafik lainnya, termasuk segitiga, bendera, irisan, dan head-and-shoulders. Pola-pola ini terbentuk ketika harga bergerak dengan cara tertentu yang menghasilkan level support dan / atau resistance yang terdefinisi dengan baik. Pedagang kemudian menonton level ini untuk penembusan. Mereka dapat memulai posisi buy atau keluar dari posisi sell jika harga menembus di atas resistance, atau mereka dapat memulai posisi sell atau keluar dari posisi buy jika harga tembus di bawah support.

Bahkan setelah breakout volume tinggi, harga akan sering (tetapi tidak selalu) menelusuri kembali ke breakout point sebelum bergerak ke arah breakout lagi. Ini karena pedagang jangka pendek akan sering membeli posisi awal, tetapi kemudian berusaha untuk menjual dengan cepat untuk mendapatkan keuntungan. Penjualan ini untuk sementara mendorong harga kembali ke titik breakout. Jika penembusan itu valid (bukan kegagalan), maka harga harus bergerak kembali ke arah penembusan. Jika tidak, ini merupakan tren yang gagal.

Trader yang menggunakan breakout untuk memulai perdagangan biasanya menggunakan stop loss order jika breakout gagal. Dalam kasus terjadi long pada penembusan upside, stop loss biasanya ditempatkan tepat di bawah level resistance. Dalam kasus terjadi kekurangan pada penembusan downside, stop loss biasanya ditempatkan tepat di atas level support yang telah ditembus.

Contoh Breakout dan Cara Menggunakannya


Grafik menunjukkan peningkatan besar dalam volume, terkait dengan rilis pendapatan, karena harga menembus area resistance dari pola grafik segitiga. Breakoutnya sangat kuat sehingga menyebabkan gap harga. Harga terus bergerak lebih tinggi dan tidak menelusuri kembali ke titik breakout asli. Itu adalah tanda pelarian yang sangat kuat.

Pedagang bisa menggunakan breakout untuk berpotensi memasuki posisi buy dan / atau keluar dari posisi sell. Jika memasuki long, stop loss akan ditempatkan tepat di bawah level resistance dari segitiga (atau bahkan di bawah support segitiga). Karena harga mengalami breakout besar, lokasi stop loss ini mungkin tidak ideal. Setelah harga terus bergerak lebih tinggi setelah breakout, stop loss bisa dibuntuti untuk mengurangi risiko atau mengunci keuntungan.

Perbedaan antara Breakout dan 52-Week High/Low

Breakout dapat menyebabkan harga pindah ke tertinggi atau rendah 52-pekan baru, jika breakout terjadi dekat tinggi / rendah sebelumnya. Tetapi tidak semua tertinggi / rendah 52-minggu adalah hasil dari penembusan baru-baru ini. Tinggi atau rendah 52 minggu hanyalah harga tertinggi atau terendah yang terlihat selama setahun terakhir. Breakout adalah pergerakan di atas atau di bawah resistance.

Kelemahan Analisa Breakout

Ada dua masalah utama dengan memanfaatkan breakout. Masalah utama adalah kegagalan breakout. Harga akan sering bergerak tepat di luar resistance atau support, memikat pada breakout trader. Harga kemudian berbalik dan tidak terus bergerak ke arah breakout. Ini dapat terjadi beberapa kali sebelum breakout sesungguhnya terjadi.

Level support dan resistance juga subyektif. Tidak semua orang peduli dengan level support dan resistance yang sama. Inilah sebabnya mengapa memperhatikan volume membantu. Peningkatan volume pada penembusan menunjukkan bahwa level itu penting. Kurangnya volume menunjukkan tingkat tidak penting atau bahwa pedagang besar (yang membuat volume besar) belum siap untuk berpartisipasi.

Referensi:
Investopedia. "Breakout Definition and Example". Web. Diakses pada 21 Maret 2019.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan

Rekomendasi Saham BBRI, GGRM, DRMA dan ACST oleh RHB Sekuritas Indonesia | 26 Oktober 2023

RHB Sekuritas Indonesia 26 Oktober 2023 Muhammad Wafi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Bank Rakyat Indonesia terlihat kembali melakukan rebound disertai volume dan menguji resistance garis MA20 sekaligus resistance bearish channel-nya. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal reversal dari fase bearish untuk menguji resistance garis MA50. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 5.125 dengan target jual di Rp 5.325 hingga Rp 5.575. Cut loss di Rp 5.000. PT Gudang Garam Tbk (GGRM) Gudang Garam terlihat melakukan rebound dan breakout resistance garis MA50 disertai volume dan menguji resistance garis MA20. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal breakout menuju fase bullish dan menguji level tertingginya di bulan Oktober 2023. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 24.800 dengan target jual di Rp 25.375 hingga Rp 26.650. Cut loss di Rp 24.525. PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) Dharma Polimetal terlihat melakukan rebound d