Langsung ke konten utama

Saham AMRT | FITCH MENEGASKAN PERINGKAT ALFAMART DI AA-




IQPlus, (14/02) -  Fitch Ratings Indonesia telah menegaskan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) di .AA-(idn). dengan Outlook Stabil. Fitch juga telah mengafirmasi semua peringkat obligasi rupiah Alfamart di .AA-(idn)..

Afirmasi ini berdasarkan ekspektasi Fitch bahwa perusahaan akan mempertahankan profil keuangannya dalam jangka menengah, meskipun kembali melakukan ekspansi toko. Perusahaan memperlambat dan merasionalisasikan ekspansi tokonya di 2018 di tengah tingkat konsumsi yang melemah, yang berdampak pada membaiknya margin EBITDA. Tetapi, kami memprediksi margin EBITDA akan kembali tertekan dalam tingkat moderat dalam dua hingga tiga tahun mendatang yang disebabkan oleh kenaikan jumlah pembukaan toko-toko baru, terutama di pinggiran kota dan pedesaan yang memiliki tingkat konsumsi lebih rendah dari jaringan toko yang telah ada saat ini. Alfamart perlu memperlihatkan kemampuannya untuk menyeimbangkan perbaikan margin EBITDA yang berkelanjutan di saat perusahaan mengeksekusi rencana ekspansinya dan mempertahankan pangsa pasarnya, sebelum kami mempertimbangkan untuk menaikkan peringkat.

FAKTOR-FAKTOR PENGGERAK PERINGKAT
Metrik Kredit Stabil: Kami memperkirakan FFO adjusted net leverage Alfamart (yang telah disesuaikan dengan sewa dibayar di muka) untuk tetap berada di bawah 2,0x di 2020. Margin EBITDA akan berada di kisaran 5,5%-6,0% dalam jangka menengah karena strategi ekspansinya yang lebih berhati-hati dibandingkan pesaingnya akan berlanjut. Kami memprediksi strategi .cluster toko. Alfamart yang telah dimulai di 2018 akan menopang profitabilitas dalam beberapa tahun mendatang di mana konsep ini bertujuan untuk menyesuaikan persediaan toko dengan pola permintaan yang lebih spesifik dengan lokasinya. Cluster toko telah menopang kenaikan pendapatan harian rata-rata campuran per toko menjadi IDR12 juta di 2018 dari sekitar IDR11 juta di 2015-2017.

Ekspansi Toko Dimulai Kembali: Kami memprediksi Alfamart akan menambahkan sekitar 700 toko (bersih) per tahun dari 2020 hingga 2023 dengan pertumbuhan penjualan sebesar 6%-8% dan same-store sales growth (SSSG) dipertahankan di 2%-3% pada periode ini. Penambahan toko bersih Alfamart turun menjadi 240 toko di 2018 dari 1.290 toko di 2017 karena perusahaan fokus untuk menutup toko-toko yang tidak menghasilkan keuntungan dan memperkenalkan cluster toko.

Sebagai akibatnya, pangsa pasar perusahaan tertinggal dari pesaing utamanya, PT Indomarco Prismatama (Indomaret), namun margin EBITDA membaik menjadi 6,1% di 2018 dari 5,6% di 2017 dan SSSG membaik menjadi 3,3% dari -1,2%. Alfamart mempercepat penambahan tokonya di 2019 untuk merebut kembali pangsa pasar dan diperkirakan akan memiliki penambahan toko bersih sebesar 746 toko.

Pergeseran Konsumen ke Minimarket: Alfamart akan terus mendapatkan manfaat dari pergeseran preferensi konsumen ke toko serba-ada yang lebih kecil atau minimarket dari supermarket dan hypermarket. Hal ini didukung oleh lebih dekat dan lebih mudahnya berbelanja di minimarket. Penjualan kebutuhan pokok domestik minimarket tumbuh sebesar 12,9% pada periode 9M19 sedangkan penjualan supermarket dan hypermarket turun sebesar 5,8% pada periode yang sama, menurut survei Nielsen Retail. (end)

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri. Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut: Tanaman Pangan BISI International Tbk Perkebunan Astra Agro Lestari Tbk BW Plantation Tbk Gozco Plantations Tbk Jaya Agra Wattie Tbk Multi Agro Gemilang Plantation Tbk Provident Agro Tbk PP London Sumatra Tbk Salim Ivomas Pratama Tbk Sampoerna Agro Tbk SMART Tbk Tunas Baru Lampung Tb

Direktur PT Adaro Energy Tbk Jual Saham ADRO Sebanyak 2 Juta Saham

Tren penguatan harga batu bara membuat saham emiten terkait komoditas tersebut turut memanas, termasuk saham PT Adaro Energy Tbk. (ADRO). Pada penutupan perdagangan Selasa (1/12/2020), saham ADRO berada di level Rp1.390. Harga saham emiten yang dikomandoi Garibaldi Thohir itu naik 25,23 persen dalam sebulan terakhir. Kenaikan harga saham ADRO itu pun dimanfaatkan salah satu direksi untuk melakan aksi jual. Direktur Adaro Energy Christian Ariano Rachmat tercatat menjual saham ADRO sebanyak 2 juta saham. Transaksi penjualan tersebut dilakukan pada 27 November 2020 dengan harga Rp1.390 dan pada 30 November 2020 dengan harga Rp1.400. Masing-masing transaksi berupa penjualan 1 juta saham, sehingga total transaksi mencapai Rp2,79 miliar. "Tujuan transaksi investasi jangka panjang. Persentase saham berdasarkan kepemilikan ialah 0,006 persen," papar laporan ADRO ke Bursa Efek Indonesia. Ariano yang sebelumnya memegang 20 juta saham ADRO pun kini menjadi tinggal 18 juta saham, atau se

Pengertian BREAKOUT dan Contohnya

Apa Arti Breakout? Breakout mengacu pada keadaan ketika harga suatu aset bergerak di atas area resistance , atau bergerak di bawah area support. Breakout menunjukkan potensi harga untuk memulai tren di arah breakout. Misalnya, penembusan ke atas dari pola grafik dapat mengindikasikan harga akan mulai tren lebih tinggi. Breakout yang terjadi pada volume tinggi (relatif terhadap volume normal) menunjukkan keyakinan yang lebih besar yang berarti harga lebih cenderung untuk tren ke arah itu. Breakout Dalam Saham Breakout adalah ketika harga bergerak di atas level resistance atau bergerak di bawah level support. Breakout bisa bersifat subjektif karena tidak semua pedagang akan mengenali atau menggunakan level support dan resistance yang sama. Breakout memberikan peluang perdagangan yang baik. Tembusan ke atas menandakan pedagang untuk kemungkinan mendapatkan posisi beli atau menutup posisi sell. Tembusan ke bawah memberi sinyal pada pedagang untuk kemungkinan mendapatkan posisi j