google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo 7 Hal Tentang Reinvestasi yang Wajib Investor Pemula Ketahui Langsung ke konten utama

7 Hal Tentang Reinvestasi yang Wajib Investor Pemula Ketahui


Melakukan investasi di dalam keuangan mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Dengan investasi berbagai tujuan keuangan bisa tercapai dengan mudah. Bukan hanya itu saja, aktivitas keuangan yang satu ini juga bisa membantu kamu mencapai kemapanan dan kestabilan keuangan jangka panjang. Namun, apakah investasi seperti ini saja sudah cukup? 

Investasi saja kerap tidak memberikan hasil maksimal, apalagi jika kamu tidak menempatkannya dalam instrumen yang tepat sejak awal. Di kalangan investor yang sudah berpengalaman, reinvestasi merupakan langkah cerdas yang dilakukan untuk mendapatkan imbal hasil yang maksimal.

Berikut ini beberapa hal penting tentang reinvestasi yang wajib dipahami dengan baik.

1. Apa itu return investasi (reinvestasi)? 

Reinvestasi merupakan kegiatan menginvestasikan kembali imbal hasil yang didapatkan dari sebuah investasi. Hal ini bisa dilakukan dengan menginvestasikan keuntungan tersebut ke dalam instrumen yang sama, atau menginvestasikannya ke dalam instrumen lainnya yang dianggap tepat. 

Tujuan reinvestasi tentu saja untuk mendapatkan hasil investasi yang lebih besar dan maksimal di dalam keuangan.

Misal: Saat kamu memiliki dana Rp 20 juta dan menginvestasikannya ke dalam ORI dengan kupon sebesar 8,5% per tahun dengan asumsi pajak 20%, maka dalam 2 tahun kamu akan mendapatkan keuntungan seperti berikut:

Modal investasi ORI: Rp 20 juta 

Kupon: 8,5% (6,8% setelah kena pajak)

Imbal hasil seluruhnya: 6,8% x 20.000.000 x 2 = Rp 2.720.000,- 

Kupon per bulan: 2.720.000 / 24 = Rp 114.000,- 

Kupon yang ditransferkan Rp 114.000,- ini seharusnya diinvestasikan kembali ke dalam instrumen lainnya, sehingga imbal hasil investasi ORI tersebut bisa memberikan keuntungan yang lebih besar lagi. Inilah yang disebut dengan reinvestasi. 

2. Umumnya, orang kaya melakukan reinvestasi 

Berbanding terbalik dengan kebanyakan orang yang berpenghasilan pas-pasan, sebagian orang kaya justru terkesan pelit dan sulit mengeluarkan uang. Mereka akan sangat berhati-hati ketika berbelanja, sebab kebanyakan orang kaya sudah bisa membedakan kebutuhan dengan keinginan. 

Alih-alih membelanjakan uang hasil investasinya, sebagian besar orang kaya akan memilih untuk kembali menginvestasikan keuntungan tersebut. Hasilnya, lama kelamaan jumlah uang mereka memang semakin banyak saja.

3. Hampir semua investasi bisa direinvestasikan lagi

Tak usah bingung untuk melakukan reinvestasi, bahkan jika selama ini kamu belum pernah melakukannya. Pada dasarnya, hampir semua instrumen investasi yang menghasilkan keuntungan berkala (bulanan, semester, tahunan) bisa direinvestasikan. 

Misalnya, tabungan, deposito, ORI, properti yang disewakan per bulan, dan yang lainnya merupakan contoh instrumen yang menghasilkan keuntungan bulanan. Kamu bisa mengambil hasil investasi tersebut dan kembali menginvestasikannya ke instrumen lainnya yang menguntungkan. 

4. Jangan malu untuk reinvestasi dalam nilai kecil 

Jika selama ini kamu menganggap hasil investasi bulanan yang hanya puluhan ribu itu kecil, maka kamu sudah harus mengubah pemikiran tersebut. Uang puluhan ribu itu mungkin saja hanya cukup untuk membeli secangkir kopi di kafe, namun itu juga tetap bisa kamu reinvestasikan kembali. 

Daripada dipakai percuma dan habis untuk sekali nongkrong saja, akan jauh lebih baik jika diinvestasikan kembali. Ada banyak investasi online yang bisa kamu beli dengan nominal kecil, bahkan dari belasan ribu rupiah sekalipun. 

5. Bagaimana memilih instrumen untuk reinvestasi?

Memilih instrumen yang tepat untuk reinvestasi ini juga tak kalah penting, agar kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih maksimal. Idealnya reinvestasi dilakukan pada instrumen yang bisa memberikan keuntungan minimal sama dengan instrumen sebelumnya. 

Namun jika memungkinkan, memilih instrumen investasi yang bisa memberikan keuntungan yang lebih besar dari instrumen sebelumnya merupakan keputusan yang tepat. Pastikan memilih instrumen yang terbaik dan tepat.

6. Kapan hasil reinvestasi bisa dinikmati?

Jika kamu sudah terbiasa untuk melakukan reinvestasi di dalam keuangan, maka keinginan untuk menikmati hasilnya mungkin saja sudah semakin kecil. Kamu akan senang untuk mengejar keuntungan dan keuntungan, sehingga tidak lagi fokus membelanjakan uangmu untuk berbagai hal yang tidak perlu. 

Ketika hasil reinvestasi sudah cukup banyak, tidak ada salahnya untuk menikmatinya sebagian, setidaknya untuk sedikit memanjakan diri atau membeli sesuatu yang sudah diimpikan sejak lama. 

7. Amankah reinvestasi dilakukan di dalam keuangan?

Reinvestasi tentu aman dilakukan, selama kamu memilih instrumen investasi yang tepat sejak awal. Sama dengan investasi pada umumnya, kamu juga wajib mengenali dan mempelajari setiap instrumen yang digunakan dalam reinvestasi. 

Hal ini penting dan akan memudahkan kamu untuk mengelolanya secara  maksimal. Jika sudah begini, keuntungan yang besar tentu akan lebih mudah didapatkan.

Memaksimalkan Keuntungan dengan Reinvestasi 

Mereinvestasikan kembali hasil investasi merupakan langkah cerdas yang perlu dilakukan di dalam keuangan. Cara yang satu ini ampuh dan bisa membuat kamu mendapatkan imbal hasil yang maksimal. Biasakan untuk mereinvestasikan keuntungan ini secara rutin, agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari investasi yang dilakukan.

sumber : cermati


Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Menurut Benjamin Graham

Harga Wajar dan Benjamin Graham Harga wajar atau Harga intrinsik adalah harga wajar suatu perusahaan. Jika harga saham diatas Harga wajar artinya saham tersebut mahal dan jika dijual dibawah Harga wajar artinya saham tersebut murah.Salah satu investor yang mempopulerkan tentang Harga wajar adalah Benjamin Graham. Seorang investor yang menjadi figur penting Warren Buffet. Benjamin Graham mengajar di Columbia Business School tempat Warren Buffet menimba ilmu. Benjamin Graham menulis buku the security analysis dan juga the intelligent investor. Buku yang merupakan legenda dan bacaan wajib bagi para value investor di seluruh dunia. Buku yang juga dibaca dan didalami oleh Warren Buffet ataupun Lo Kheng Hong. Harga Wajar menurut Benjamin Graham Mari saya jelaskan bagaimana contoh menghitung Harga wajar. Dan sebagai contoh perusahaan maka saya akan menggunakan salah satu perusahaan lain yang saya beli. Saya menggunakan data EPS 2018 dengan harga EPS 141,84 Komponen yang saya gunakan ada 2 dal