Langsung ke konten utama

Cara Mempersiapkan Investasi yang Menguntungkan



Apakah Anda sudah mengetahui cara berinvestasi yang menguntungkan?

Investasi berbeda dengan menabung pada umumnya yang hanya menyimpan uang lalu mengambilnya ketika diperlukan. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi serta tidak sembarangan dalam melakukannya, karena hasil yang didapat tidak selalu sama untuk tiap orang yang berinvestasi.


Yuk, simak cara mempersiapkan investasi berikut ini!

Memiliki tujuan yang jelas dalam berinvestasi

Ini adalah awal dari segalanya ketika Anda ingin berinvestasi. Anda harus mengetahui tujuan Anda dalam menabung melalui investasi, karena Anda akan kesulitan memilih investasi apa yang cocok dengan Anda ketika belum menentukan tujuan berinvestasi.

Bisa saja jika Anda hanya ingin berinvestasi dengan tujuan untuk menabung saja tanpa tujuan yang jelas di awal. Namun itu bisa menjadi penyesalan di akhir karena tidak mendapatkan hasil yang maksimal dari berinvestasi akibat kurangnya perencanaan.

Tujuan keuangan bisa dimaknai sebagai target yang ingin diwujudkan berdasarkan finansial keuangan dengan jangka waktu tertentu. Apakah Anda ingin membeli rumah dengan tujuan yang jelas, arah investasi Anda juga akan semakin jelas karena memiliki target yang sudah direncanakan.

Tentukan jenis investasi yang cocok untuk Anda

Banyak jenis investasi yang mudah ditemukan di zaman sekarang, mulai dari properti, saham, reksa dana, emas hingga investasi yang belum lama muncul yaitu kripto, serta masih banyak investasi yang lainnya.

Setiap jenis investasi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, lebih baik Anda mengenal terlebih dahulu yang cocok dengan kondisi keuangan serta tujuan investasi Anda yang sudah direncanakan.

Pahami risiko dan konsep investasi Anda

Anda sudah mengenal jenis investasi yang ada? Selanjutnya pahami risiko dan konsep dari jenis investasi tersebut. Ada jenis investasi yang menjanjikan keuntungan berlipat, namun dengan risiko yang tinggi. Ada pula investasi yang memiliki fluktuasi yang tinggi, dan semuanya harus dipahami terlebih dahulu sebelum Anda terjun untuk memulai investasi.

Ketika Anda memahami risiko dari investasi yang Anda pilih, untuk mendapatkan keinginan berinvestasi yang menguntungkan tentu saja bisa lebih mudah didapatkan, karena Anda sudah bisa menentukan pilihan investasi yang cocok.

Tentukan strategi investasi Anda

Saat Anda sudah menemukan tujuan investasi dan pilihan investasi Anda, maka sekarang tinggal bagaimana Anda memainkan strategi investasi. Strategi investasi disini adalah bagaimana Anda dalam menentukan instrumen investasi sesuai tujuan dan risiko investasi Anda.

Contohnya bila Anda ingin menikah 2 tahun ke depan dengan budget 50 juta, maka instrumen investasi yang Anda pilih adalah investasi dengan risiko rendah-menengah seperti investasi reksa dana, pilihannya ada di reksa dana pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap. Semua pilihan investasi beserta strateginya, lagi-lagi bergantung tujuan yang jelas untuk apa Anda berinvestasi.

Jika Anda memilih investasi melalui saham, Anda bisa melakukan strategi value investing yang berarti strategi membeli saham perusahaan ketika harga pasar lebih murah dibandingkan nilai intrinsik perusahaan itu sendiri. Serta banyak strategi lain sesuai pilihan investasi Anda dan kenyamanan masing-masing dalam mengoptimalkan investasi Anda.

Mulai Berinvestasi

Setelah Anda memiliki tujuan yang jelas untuk berinvestasi, memahami risiko serta mempunyai strategi dengan instrumen investasi yang Anda pilih, kini Anda sudah siap untuk memulai investasi.Untuk mencapai investasi yang baik dan menguntungkan sesuai harapan, Anda tidak boleh asal memulai berinvestasi, karena bisa menjadi fatal dan bukan untung yang Anda dapat, melainkan kerugian yang besarannya pun tidak terduga.

Disiplin dalam berinvestasi

Ketika Anda sudah memulai investasi, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah disiplin dalam mengatur investasi Anda. Maksud disiplin disini adalah bagaimana Anda mengatur dan mengoptimalkan modal investasi awal Anda untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai tujuan awal Anda dalam memulai berinvestasi.

Misalnya ketika memilih untuk berinvestasi di reksa dana, ada strategi yang bisa Anda lakukan yaitu Dollar Cost Averaging (DCA) atau bisa disebut investasi berkala, karena Anda mungkin tidak memiliki waktu khusus dalam memantau pergerakan pasar reksa dana saham Anda. Jadi, Anda terus rutin menanam modal di investasi yang Anda pilih yaitu reksa dana.

Poin-poin yang dijelaskan di atas diharapkan bisa membantu Anda untuk menemukan cara berinvestasi yang baik dan menguntungkan. Jangan lupa, sebelum berminat untuk memulai investasi, alangkah lebih baiknya Anda memiliki kondisi finansial yang siap. Kondisi finansial Anda minimal mempunyai kondisi keuangan yang surplus atau tidak mengalami penurunan, cicilan dan beban utang tidak melebihi angka 30% dari pendapatan bulanan Anda, serta sudah memiliki sekiranya uang darurat atau tabungan di luar dana untuk investasi.

Jika Anda melakukan investasi dengan kondisi finansial yang stabil, maka peluang mendapatkan hasil yang maksimal akan lebih ada, karena selama Anda berinvestasi tidak akan terganggu untuk penarikan dana yang tiba-tiba untuk keperluan di luar tujuan awal Anda berinvestasi.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Bandarmologi Saham ADMR, HRUM, AGII, INCO dan PGAS | 23 September 2022

Technical & Bandarmology Prespectives Friday (23/09/2022) By Dr Cand. E S, MBA, CSA®., CIB®. Seberapa Dalam Rupiah Akan Melemah??‼️️️️‼️️ IDX Composite 7,152 - 7,255 SUMMARY: NEUTRAL 11 TECHNICAL INDICATORS: RSI (14): NEUTRAL STOCH (9,6,3): SELL‼️️ MACD(12,26): BUY!! ATR (14): HIGH VOLATILITY ADX (14): NEUTRAL CCI (14): *SELL‼️️ HIGHS/LOW (14): *NEUTRAL UO: SELL‼️️ ROC: BUY!! WILLIAMS R: SELL‼️️ BULLBEAR (13): SELL‼️️ BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER  ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): NEUTRAL NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): NEUTRAL STOCKS PICK: ADMR 1,800 - 1,990 TECHNICAL INDICATORS: *BUY, BUY 1,895 TARGET PRICE: 1,990 STOP-LOSS: 1,800 BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER  ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION‼️️ NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION‼️️ HRUM 1,850 - 2,040 TECHNICAL INDICATORS: *BUY, BUY 1,940 TARGET PRICE: 2,040 STOP-LOSS: 1,850 BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION‼️️ AG

Rekomendasi Saham AKRA, SMGR, SLIS dan ADMR oleh Indopremier Sekuritas | 21 September 2022

Indopremier Sekuritas 21 September 2022 IHSG (7.170 – 7.230) :  Indeks diprediksi akan bergerak bervariasi cenderung melemah. Target pelemahan indeks pada level 7.170 kemudian 7.140 dengan resist di level 7.230 kemudian 7.260. AKRA (Buy) : Target kenaikan harga pada level 1.455 kemudian 1.485 dengan support di level 1.395 cut loss jika break 1.365. SMGR (Buy) : Target kenaikan harga pada level 7.300 kemudian 7.400 dengan support di level 7.100 cut loss jika break 7.000. SLIS (Buy) : Target kenaikan harga pada level 314 kemudian 324 dengan support di level 294 cut loss jika break 284. ADMR (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 1.750 dengan resist di level 1.810 cut loss jika break 1.850. XCLQ (Buy) : Target kenaikan harga pada level 110 kemudian 111 dengan support di level 108 cut loss jika break 107. XIID (Buy) : Target kenaikan harga pada level 580 kemudian 586 dengan support di level 568 cut loss jika break 562. XPLQ (Buy) : Target kenaikan harga pada level 542 kemudian

Analisa Saham FREN | 23 September 2022

Analisa Saham FREN Saham FREN turun menguji area support 80. Jika mampu bertahan dan matul keatas lagi, maka FREN berpeluang naik menuju target di 90-92, dengan target selanjutnya di 100. Indikator teknikal MACD mulai melandai dan volume tranaksi menipis, mengindikasikan bahwa saham ini sedang bergerak dalam fase konsolidasi. Trading Plan : Spekulasi Buy. Batasi resiko jika turun dan close di bawah 80. Disclaimer ON Sumber: step-trader - Informasi lengkap pasar saham ada di  Website Saham Online.    Materi belajar trading dan investasi saham ada di   Channel Youtube Saham Online.