Langsung ke konten utama

Pengertian Rasio Keuangan, Jenis, Rumus, dan Fungsinya



Pengertian rasio keuangan dan segala macam aspeknya patut dipahami oleh pebisnis karena punya pengaruh kuat terhadap kinerja perusahaan. Rasio keuangan akan membantu Anda untuk menciptakan keuangan perusahaan yang sehat.

Untuk lebih memahami rasio keuangan, di sini Anda akan mengetahui pengertian, jenis, fungsi, rumus, dan cara analisisnya.

Apa Pengertian Rasio Keuangan?

Pengertian rasio keuangan adalah rumus yang dipakai untuk mencari tahu tingkat kinerja keuangan milik perusahaan pada periode akuntansi tertentu dengan menggunakan data dan informasi keuangan yang ada.

Untuk menghitung analisis rasio keuangan dengan mudah, diperlukan data-data akurat yang dikumpulkan dan diolah terlebih dulu. Anda dapat mengambilnya dari laporan keuangan yang sudah jadi.

Rasio ini digunakan untuk petunjuk bagi perusahaan dalam menetapkan kebijakan-kebijakan terkait keuangan perusahaan yang sifatnya krusial. Oleh karena itu, akan selalu digunakan dan diperbarui mengikuti laporan keuangan terbaru.


Apa Jenis-jenis Rasio Keuangan?, Cakupan perhitungan rasio keuangan cukup luas. Bisa Anda lihat dari jenis rasio keuangan yang terdiri dari 4 jenis, yaitu:

1. Rasio Likuiditas

Jenis analisis rasio keuangan ini dipakai untuk mencari tahu kemampuan perusahaan dalam melakukan pembayaran kewajiban lancar atau utang jangka pendek.

Hal ini berkaitan dengan uang kas perusahaan. Tidak hanya aset, uang kas adalah bagian krusial yang harus selalu dipersiapkan perusahaan untuk keperluan jangka pendek.

2. Rasio Aktivitas

Rasio jenis ini berhubungan dengan aktiva perusahaan. Rumusnya bisa digunakan untuk mencari tahu apakah perusahaan mampu mengelola asetnya secara efektif dan efisien sampai memperoleh keuntungan atau tidak. 

3. Rasio Profitabilitas

Merupakan perhitungan keuangan perusahaan yang dilakukan untuk memahami seberapa banyak perusahaan mampu menghasilkan laba. Maka dari itu disebut juga dengan rasio laba.

Laba adalah salah satu indikator yang menunjukkan perkembangan perusahaan. Perusahaan yang berhasil meraih laba secara rutin dan meningkat setiap tahunnya adalah perusahaan dengan kinerja terbaik.

4. Rasio Solvabilitas

Contoh rasio keuangan ini biasanya digunakan untuk mencari tahu apakah perusahaan mampu membayar utang jangka pendek dan jangka panjangnya. 

Sebelum mengajukan utang, perusahaan wajib mencari tahu apakah mampu melunasi utangnya atau tidak menggunakan rumus ini.

Perusahaan sebenarnya wajar berutang karena itu menjadi salah satu cara untuk menyediakan modal. Namun, tentu saja utang-utang itu harus dibayar. 

Apa Fungsi Rasio Keuangan?

Selain pengertian rasio keuangan, Anda perlu tahu juga tentang fungsinya yang berkaitan dengan perkembangan perusahaan. Ini penjelasannya.

Mengukur kesehatan keuangan perusahaan

1. Mengukur kesehatan keuangan perusahaan

Perusahaan harus tahu keuangan yang dimilikinya sehat atau malah sedang dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Dengan begitu, perusahaan jadi bisa mengambil kebijakan tepat untuk mengatasi hal buruk.

Keuangan adalah bagian krusial perusahaan. Bahkan disediakan divisi sendiri untuk pengelolaan yang lebih baik. Rasio keuangan menjadi salah satu alat untuk mencapai hal itu.

2. Sebagai penilaian untuk meraih pinjaman di bank

Perusahaan tidak boleh sembarangan berutang tanpa mengetahui kemampuannya dalam melakukan pembayaran utang. 

Rasio keuangan menjadi perhitungan yang dipakai perusahaan untuk mengambil pinjaman di bank atau menundanya.

3. Mengetahui efektivitas penggunaan aset perusahaan

Untuk menghasilkan penggunaan aset yang efektif dan maksimal, perusahaan bisa menggunakan rasio ini. Contohnya pada tingkat efektivitas penggunaan mesin pabrik. Perusahaan bisa tahu mesin ini berfungsi secara baik atau tidak dengan membandingkannya bersama total produk yang dihasilkannya.

4. Referensi untuk melakukan audit internal

Besar rasio keuangan juga digunakan untuk audit internal perusahaan. Audit ini penting memastikan tidak ada kecurangan dalam keuangan perusahaan yang menyangkut divisi-divisi di dalamnya.

5. Mengukur potensi perusahaan untuk menghasilkan laba

Rasio keuangan juga digunakan supaya mengetahui potensi perusahaan untuk menghasilkan laba per periodenya. Dengan begitu, perusahaan akan semakin termotivasi untuk berkembang, mengeluarkan berbagai macam kebijakan untuk menaikkan kinerja perusahaan.


Berbagai Rumus Rasio Keuangan, Masing-masing rasio memiliki cabang rumus yang perlu Anda ketahui. Ini penjabarannya. 

1. Rumus Rasio Likuiditas

Rasio ini memiliki 3 jenis perhitungan yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Ini penjelasannya.

Rasio kas: Merupakan rasio yang fungsinya menghitung kemampuan kas dan hal lain setara kas milik perusahaan untuk pembayaran utang jangka pendek. Utang sama dengan liabilitas.

Rumus: kas + setara kas / liabilitas jangka pendek x 100%

Rasio cepat: Merupakan rasio yang berfungsi mencari tahu apakah perusahaan mampu membayar utang jangka pendek menggunakan aktiva yang pencairannya mudah dengan mengabaikan persediaan.

Rumus: kas + setara kas + piutang / liabilitas jangka pendek x 100%

Rasio lancar: merupakan rasio yang fungsinya mengetahui apakah perusahaan mampu melunasi utang lancar dengan aktiva lancar yang dimilikinya. 

Rumus: aktiva lancar / utang jangka pendek x 100%

Catatan untuk Anda, semakin besar rasio yang dihasilkan, artinya semakin bagus juga likuiditas perusahaan.


2. Rumus Rasio Aktivitas

Rasio ini memiliki 6 jenis perhitungan berdasarkan fungsinya. Ini penjelasannya.

Perputaran total aktiva: Rumus ini dipakai ketika perusahaan ingin membandingkan penjualan perusahaan dengan total aset yang dimilikinya.

Rumus: penjualan / total aset x 100%

Perputaran persediaan: Rumus ini dipakai untuk mengetahui tingkat perputaran persediaan milik perusahaan terhadap penjualannya.

Rumus: hasil penjualan / persediaan perusahaan x 100%

Perputaran piutang: Rumus ini dipakai untuk membandingkan tingkat perputaran piutang perusahaan dengan penjualannya dalam suatu periode akuntansi tertentu.

Rumus: hasil penjualan / rata-rata piutang x 100% 

Perputaran modal kerja: Rumus ini dipakai untuk membandingkan aktiva lancar dikurangi utang lancar dengan penjualan, sehingga yang didapat adalah tingkat modal bersih.

Rumus: penjualan / modal bersih x 100%

Perputaran rerata tagihan: Rumus ini dipakai untuk mencari tahu waktu yang dibutuhkan perusahaan menerima piutang dari yang berutang.

Rumus: piutang x 365 hari / penjualan perusahaan x 100%

Perputaran aktiva tetap: Rumus ini dipakai untuk membandingkan penggunaan aktiva atau aset tetap milik perusahaan dengan penjualan perusahaan. 

Rumus: hasil penjualan / aset tetap x 100%

Catatan untuk Anda, semakin besar rasio yang dihasilkan, artinya semakin bagus juga aktivitas perusahaan dalam menghasilkan penjualannya.


3. Rumus Rasio Profitabilitas

Rasio laba mempunyai 7 rumus cabang yang perlu Anda ketahui. Ini penjelasannya.

Margin laba kotor: Rumus untuk mencari tahu kemampuan perusahaan menghasilkan laba kotor dalam bisnisnya. Perhitungannya menggunakan Harga Pokok Penjualan atau biasa kita kenal dengan HPP

Rumus: penjualan bersih - HPP / penjualan bersih x 100%

Margin laba bersih: Rumus untuk mencari tahu kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih. Penjualan neto adalah penjualan bersih.

Rumus: Laba bersih setelah pajak / penjualan neto x 100%

Operating income ratio: Rumus untuk mencari tahu kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba operasi yang belum dihitung dengan bunga dan pajak.

Rumus: penjualan bersih - HPP - (bunga + pajak) / penjualan neto x 100%

Earning power of total investment: Rumus untuk mencari tahu kemampuan perusahaan mengelola modal yang disimpan dan diinvestasikan yang dibandingkan dengan total aset. 

Rumus: laba sebelum bunga dan pajak / total aset x 100%

Return of Investment: Rumus ini dikenal juga sebagai ROI, digunakan untuk mencari tahu keuntungan yang diperoleh perusahaan untuk menutupi modal yang diinvestasikan.

Rumus: laba bersih setelah pajak / total aset x 100%

Return on Equity: Rumus ini dikenal juga sebagai ROE, digunakan untuk mencari tahu kemampuan perusahaan dalam meraih laba bersih yang dihadapkan dengan ekuitas.

Rumus: laba bersih setelah pajak / ekuitas x 100%

Return on Net Worth: Rumus ini dipakai untuk mengetahui kemampuan modal yang diinvestasikan menghasilkan laba bagi pemilik saham.

Rumus: laba bersih setelah pajak / jumlah modal x 100%

Catatan untuk Anda, semakin besar rasio yang dihasilkan, artinya semakin tinggi juga tingkat laba yang dihasilkan perusahaan.


4. Rasio Solvabilitas

Rasio ini mempunyai 2 jenis perhitungan yang berbeda. Begini penjelasannya.

Rasio utang terhadap aktiva: Rumus ini untuk mencari tahu aset perusahaan yang pembiayaannya dilakukan oleh kreditur. Semakin tinggi hasilnya, menandakan perusahaan punya utang yang besar dan harus segera diatasi.

Rumus: total utang / total aktiva x 100%

Rasio utang terhadap ekuitas: Rumus ini untuk mencari tahu rasio utang milik perusahaan dengan ekuitas yang harus diberikan pada pemegang saham.

Rumus: total utang / ekuitas x 100%

Cara Analisis Rasio Keuangan

1. Analisis common size

Analisis ini dipakai untuk menilai laporan keuangan. Biasanya digunakan oleh manajer keuangan untuk menghitung setiap rekening yang hadir pada neraca dan laporan laba rugi menjadi proporsi dari seluruh aktiva (untuk neraca) dan seluruh penjualan (untuk laporan laba rugi).

Analisis ini dapat menarik kesimpulan dampak setiap rekening laporan keuangan terhadap angka yang menjadi hasil akhir. Analisis ini biasanya digunakan untuk menganalisis 3 laporan krusial perusahaan seperti laba rugi, arus kas, dan laporan neraca.

2. Analisis forecasting dan time series

Sesuai dengan namanya, analisis ini digunakan untuk membandingkan laporan keuangan suatu perusahaan dari waktu ke waktu dan menjadi gambaran keuangan perusahaan di masa nanti.

Ada hal lainnya yang ikut dimasukkan juga ketika melakukan analisis ini, yaitu peraturan pemerintah yang berubah, perubahan kompetisi dalam usaha, dan perubahan teknologi.

Untuk melakukan analisis ini, perusahaan biasanya memanfaatkan 3 pendekatan, yaitu visual, statistik, dan ekonomi.

Kesimpulan

Demikian pengertian rasio keuangan dan berbagai aspeknya yang bisa Anda ketahui. Perhitungan rasio keuangan termasuk mudah selama Anda sudah menyediakan data keuangan yang akurat. Jangan lupa untuk selalu mengecek keadaan keuangan bisnis Anda. 


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Bandarmologi Saham INCO, ADMR, WIKA, MAPI dan SMRA | 15 Agustus 2022

Technical & Bandarmology Prespectives Monday (15/08/2022) By Dr Cand. E S, MBA, CSA®., CIB®. IDX Composite 7,107 - 7,184 SUMMARY: STRONG BUY!!! 11 TECHNICAL INDICATORS: RSI (14): BUY!! STOCH (9,6,3): BUY!! MACD(12,26): BUY!! ATR (14): HIGH VOLATILITY ADX (14): BUY!! CCI (14): *BUY!! HIGHS/LOW (14): *BUY!! UO: BUY!! ROC: BUY!! WILLIAMS R: OVERBOUGHT BULLBEAR (13): BUY!! BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER  ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): NEUTRAL NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): NEUTRAL STOCKS PICK: INCO 6,650 - 7,350 TECHNICAL INDICATORS: *STRONG BUY, BUY 7,000 TARGET PRICE: 7,350 STOP-LOSS: 6,650 BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION ADMR 1,715- 1,900 TECHNICAL INDICATORS: *BUY, BUY 1,805 TARGET PRICE: 1,900 STOP-LOSS: 1,715 BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER  ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION‼️️ NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION‼️️  WIKA 1,000 - 1,110 TECHNICAL INDICATORS: *STRONG

Rekomendasi Saham ADHI, SMGR, BRIS dan EMTK oleh Indopremier Sekuritas | 15 Agustus 2022

Indopremier Sekuritas Daily Technical 15 Agustus 2022 IHSG (7.090 – 7.170) :  Indeks diprediksi akan bergerak menguat. Target kenaikan indeks pada level 7.170 kemudian 7.210 dengan support di level 7.090 kemudian 7.050. ADHI (Buy) : Target kenaikan harga pada level 805 kemudian 820 dengan support di level 775 cut loss jika break 760. SMGR (Buy) : Target kenaikan harga pada level 7.100 kemudian 7.175 dengan support di level 6.950 cut loss jika break 6.875. BRIS (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 1.555 dengan resist di level 1.590 kemudian 1.615. EMTK (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 2.070 dengan resist di level 2.140 kemudian 2.190. XIFE (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 114 dengan resist di level 116 kemudian 117. XIML (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 274 dengan resist di level 279 kemudian 282. XPES (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 463 dengan resist di level 469 kemudian 473. Full report bisa diakses di : ht

Rekomendasi Saham BMRI, UNTR, ANTM dan MDKA oleh Indopremier Sekuritas | 16 Agustus 2022

Indopremier Sekuritas Daily Technical 16 Agustus 2022 IHSG (7.055 – 7.135) :  Indeks diprediksi akan bergerak bervariasi cenderung menguat. Target kenaikan indeks pada level 7.135 kemudian 7.175 dengan support di level 7.055 kemudian 7.015. BMRI (Buy) : Target kenaikan harga pada level 8.550 kemudian 8.650 dengan support di level 8.350 cut loss jika break 8.250. UNTR (Buy) : Target kenaikan harga pada level 32.900 kemudian 33.300 dengan support di level 32.100 cut loss jika break 31.700. ANTM (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 2.090 dengan resist di level 2.200 kemudian 2.270. MDKA (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 4.250 dengan resist di level 4.400 kemudian 4.540. XIJI (Sell) : Target pelemahan harga pada level 665 kemudian 656 dengan resist di level 683 dan 692. XIPI (Sell) : Target pelemahan harga pada level 199 kemudian 198 dengan resist di level 201 dan 202. XPSG (Sell) : Target pelemahan harga pada level 426 kemudian 422 dengan resist di level 434 da