Langsung ke konten utama

Anak Usaha Austindo Nusantara Jaya Bagikan Premi ke 5 Koperasi Petani Sawit



[Saham ANJT] Anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT), yakni PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) membagikan premi hasil penjualan minyak sawit bersertifikasi kepada lima koperasi di Pulau Belitung pada Kamis (31/3). Total nilai premi yang diberikan adalah sebesar Rp 157.281.394.

Lima koperasi yang dimaksud adalah Koperasi Mitra Lestari (KML), Koperasi Mitra Anugrah (KMA), Koperasi Sambar Jaya Makmur (KSJM), Koperasi Berimpun Sejahtera (KBS), dan Koperasi Lindong Raya (KLR) yang secara keseluruhan menaungi 340 petani di Pulau Belitung. Pada tahun 2021, SMM memberikan premi sebanyak Rp 19.677.149 untuk tiga koperasi, yaitu KML, KMA, dan KJSM.

Resident Director SMM Juli Wankara Purba mengatakan, premi penjualan crude palm oil (CPO) tersebut diberikan kepada petani mitra karena sudah memiliki sertifikasi RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil). “Pemberian premi kepada petani ini bertujuan untuk terus memotivasi petani dalam menerapkan praktik perkebunan terbaik untuk mengelola kebun kelapa sawit, sehingga dapat terus mempertahankan sertifikasi yang diperoleh," kata Juli dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/4).

Menurutnya, praktik perkebunan sawit berkelanjutan dari SMM membantu para pekebun plasma anggota koperasi mitra untuk lebih memahami sistem persyaratan sawit global. Melalui praktik pertanian terbaik dan berkelanjutan, hal ini dapat membawa hasil positif.

Wakil Direktur ANJT Geetha Govindan menambahkan, kemitraan perusahaan dengan petani dapat menjadi salah satu jawaban untuk menekan deforestasi dan memastikan pengelolaan ramah lingkungan berstandard international oleh petani kelapa sawit. Hal tersebut juga sejalan dengan ESG Ambition dari perusahaan.

Sebagai informasi, perkebunan SMM merupakan perkebunan kelapa sawit yang sudah mendapatkan sertifikasi dari RSPO dengan luas area kebun petani yang mendapatkan pembinaan sebesar 599.5 Ha. Selain sudah tersertifikasi RSPO, perkebunan SMM juga sudah mendapatkan sertifikasi dari Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

Ketua Koperasi Berhimpun Sejatera (KBS) Heriadi Manoppo mengatakan, hasil dari premi minyak sawit berkelanjutan telah memotivasi petani untuk lebih baik lagi dalam mengelola perkebunan. “Kerja sama dengan SMM yang telah terjalin baik selama ini membuahkan hasil yang positif untuk keberlanjutan koperasi dan anggota kami. Pembagian nilai premi akan kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga bermanfaat bagi pembangunan koperasi ke depannya agar lebih berkelanjutan lagi,” ucap Heriadi.

Sebelumnya pada 22 Maret 2022, PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan ANJT yang berada di Ketapang, Kalimantan Barat, telah melakukan pemberian premi minyak sawit berkelanjutan dengan total  Rp 480.336.648 kepada 642 petani di bawah naungan Koperasi Laman Mayang Sentosa (LMS). Adapun nilai premi yang diberikan oleh KAL pada tahun ini mengalami kenaikan sebesar 48% dari tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, semua produk minyak sawit ANJT diproses sesuai dengan standard keberlanjutan yang berpedoman pada prinsip dan kriteria RSPO. ANJT memiliki target untuk mensertifikasi semua program plasma dan kemitraan di bawah naungan perkebunan ANJT paling lambat pada akhir tahun 2025.


sumber : kontan

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Menakar Saham-Saham yang Punya Kaitan dengan GoTo Gojek Tokopedia (GOTO)

[Saham GOTO] Setelah ambles dalam, saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berangsur bangkit. Bahkan saham GOTO menjadi penggerak utama Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang pekan lalu. Selama pekan lalu, saham GOTO melambung 56,70% ke Rp 304 per saham. Emiten yang berkaitan dengan GoTo, baik sebagai pemegang saham, sebagian sahamnya dimiliki GoTo maupun emiten yang bekerja sama dengan GoTo terpantau belum mengikuti jejak emiten teknologi ini dalam sepekan terakhir. Adapun GoTo tercatat memiliki investasi di PT Bank Jago Tbk (ARTO), PT Blue Bird Tbk (BIRD), PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) dan PT Multipolar Tbk (MLPL). Sementara, PT Astra International Tbk (ASII) dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) tercatat sebagai pemegang saham GOTO. Kemudian, PT Adi Sarana Armada TBk (ASSA) yang terlibat kongsi dengan GOTO di AnterAja. Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya mencermati, meski saham GOTO menguat, respons saham-saham yang berkaitan dengannya memiliki r

Analisa Saham ICBP | 25 Mei 2022

ICBP pada perdagangan kemarin (23/05) di tutup melemah 0.93% ke level 7975. Pelemahan ini berkolerasi terhadap indikator volume yang rendah yang juga berkolerasi terhadap indikator RSI yang sideways; Di sisi lain indikator OBV cenderung sideways di tengah pelemahan kemarin. Melihat hal tersebut kami merekomendasikan untuk spekulasi beli pada area 7950-7975 dengan target 8075-8200 dan cut loss <7800. sumber :  CGSCIMB Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Analisa Saham ELSA | 24 Mei 2022

ELSA berpeluang mengakhiri sidewaysnya dan memasuki fase uptrend dengan membentuk pola bullish double bottoms. Pola ini menandakan bahwa jika ELSA berhasil menguat menembus resisten 320, ELSA akan membuka peluang kenaikan lanjutan menuju target 350-360. Indicator teknikal MACD yang sudah lebih dahulu golden cross, mendukung prediksi kenaikan ELSA. Rekomendasi: Trading buy kalau naik di atas 320. Target 350-360. sumber :  doktermarket Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online