Langsung ke konten utama

3 Cara Menyelamatkan Kredit Macet


Tidak semua perencanaan keuangan dapat berjalan seperti yang diharapkan. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah hambatan dalam angsuran kredit. Oleh karena itu, berbagai cara menyelamatkan kredit macet pun disediakan secara legal. 

Apa itu Kredit Macet?

Kredit macet adalah sebuah kondisi ketika pihak debitur atau peminjam tidak dapat membayar cicilan beserta hutangnya kepada pihak kreditur. Hal itu terjadi karena berbagai hal di luar cakupan asuransi atau kebijakan, misalnya seperti kehilangan pekerjaan yang menjadi penghasilan utama atau salah memanajemen keuangan pribadi. 

Apabila kredit macet tidak segera diselesaikan, riwayat skor kredit yang dimiliki oleh debitur akan tercatat buruk. Nantinya, hal tersebut berdampak pada kepercayaan lembaga keuangan terhadap pihak debitur. Sederhananya, pihak debitur akan kesulitan untuk mengajukan kembali kredit di lain waktu dan lain tempat. 

Dari sisi lembaga keuangan, kredit macet disebut dengan Non-Performing Loan atau NPL. Non Performing Loan yang berlebihan akan membuat reputasi lembaga keuangan terkait menjadi menurun di mata pihak eksternal. Sederhananya, pihak bank akan kekurangan dana untuk melakukan pengembangan di luar urusan perbankan.

Apabila banyak nasabah yang bermasalah, dampak kredit macet bahkan bisa merugikan ekonomi di sebuah negara. Dikarenakan banyak nasabah yang tidak mengembalikan modal, maka pihak jasa keuangan lazimnya akan mengurangi jumlah layanan kredit di berbagai sektor. Hal tersebut secara tidak langsung akan mengganggu perkembangan ekonomi. 

Kredit Macet Apakah Bisa Dipidana?

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh pihak bank untuk menuntaskan masalah kredit macet dari debitur atau nasabahnya. Tindakan yang diambil biasanya disesuaikan dengan niat dan itikad baik dari debitur. Apabila debitur tidak bersikap baik, maka jalur hukum dapat digunakan. 

Pihak bank dan debitur dapat melapor ke beberapa lembaga hukum untuk menyelesaikan kredit macet yang berlarut. Beberapa lembaga hukum yang menangani masalah ini adalah:

1. Pengadilan Negeri

Cara yang paling umum untuk menyelesaikan masalah kredit macet yang berlarut adalah dengan penyitaan aset. Hal itu dilakukan dengan pengawasan hukum oleh Pengadilan Negeri. 

Apabila lembaga keuangan melapor kepada Pengadilan Negeri, maka pihak debitur akan diminta untuk menyerahkan seluruh hartanya secara legal sebagai jaminan utang. Harta tersebut akan dikembalikan oleh pihak kreditur atau lembaga keuangan apabila pihak peminjam telah melunasi hutangnya. 

2. Kepolisian

Apabila telah mengarah ke keadaan kriminal, maka pihak kepolisian bisa dilibatkan. Hal ini biasanya dilakukan apabila debitur mencoba menghindari kewajiban dengan cara-cara melanggar hukum. Bank dapat melapor ke ke polisi untuk menindak debitur atau pihak peminjam yang terbukti melakukan pelanggaran seperti memberi data fiktif, kabur dan, melalaikan kewajiban. 

3. Pengadilan Niaga

Dengan itikad baik, pihak peminjam atau debitur dapat melapor kepada Pengadilan Niaga untuk mengajukan diri sebagai entitas yang pailit. Dengan begitu, pengadilan akan menyediakan solusi atas hutang-hutangnya yang sudah tidak mampu dibayar, meskipun berbagai aset harus disita. 

Apa yang Harus Dilakukan oleh Bank Jika Terjadi Kredit Macet?

Masalah kredit macet tidak harus melibatkan lembaga hukum apabila kreditur dan debitur saling mengusahakan cara terbaik. Ada tiga tindakan umumnya dilakukan oleh kreditur dan debitur untuk menyelamatkan kredit yang macet. Beberapa tindakan bank kepada debitur kredit macet, yaitu: 

1. Rescheduling

Rescheduling dilakukan dengan memperpanjang masa tenor yang dimiliki debitur atau peminjam. Peminjam akan mengajukan penjadwalan kembali yang diatur oleh pihak bank.

Cara ini bertujuan agar debitur lebih ringan dalam melangsungkan kredit. Sederhananya, semakin panjang masa angsuran maka akan semakin kecil jumlah yang dicicil. Meskipun, jika ditotal maka semakin besar dana keseluruhan yang harus dibayarkan debitur.

2. Restructuring

Restructuring adalah kebijakan untuk mengubah jadwal, termasuk jangka waktu dan persyaratan lainnya dalam melakukan angsuran. Cara ini biasanya dilakukan oleh bank ketika nasabah sudah nampak akan kesulitan membayar cicilan. Bentuk tindakannya adalah memberi keringanan, yaitu:

  • mengecilkan suku bunga,
  • memperpanjang jangka waktu,
  • memotong tunggakan pokok dan bunga,
  • menambah fasilitas kredit,
  • melakukan konversi menjadi Penyertaan Modal Sementara.

Perubahan-perubahan yang dilakukan bisa dalam urusan apapun kecuali mengubah batas plafon kredit. 

3. Reconditioning

Reconditioning adalah penyesuaian kembali masa tenor pinjaman yang beracuan pada kemampuan bayar debitur. Artinya, skema kredit yang sebelumnya berlaku akan diubah dan disesuaikan kembali melihat kondisi yang ada. 


Tips Agar Kredit Lancar 

Umumnya pihak kreditur akan terlebih dahulu menilai kelayakan seorang debitur. Jumlah pinjaman, skema cicilan, dan pendapatan tetap debitur akan disesuaikan, sehingga secara logis dapat dinyatakan bahwa debitur tersebut mampu untuk menjalankan kredit lancar. 

Meskipun begitu, tidak jarang juga debitur yang harus menunggak dan membayar denda karena kesulitan memberikan angsuran. Oleh karena itu, ada beberapa sikap keliru penyebab kredit macet yang harus dihindari. Beberapa tips agar kredit manajer adalah sebagai berikut:

1. Rencanakan Keuangan dengan Matang 

Kebanyakan nasabah yang macet kredit adalah seseorang kurang melek literasi keuangan. Meskipun memiliki pendapatan yang cukup, tetapi justru gagal membayar angsuran karena keliru mengalokasikan dana. Oleh karena itu, sebelum melakukan kredit pastikan untuk merencanakan keuangan secara baik. Minimal, Anda memahami kelebihan kekurangan utang konsumtif dan utang produktif. 

2. Jangan Ambil Pinjaman Melebihi Kemampuan 

Harus dimaklumi bahwa kadang-kadang pihak surveyor melakukan kekeliruan dalam menilai nasabahnya. Itu umumnya terjadi karena pihak debitur terlalu berlebihan dalam mengutarakan kemampuannya untuk membayar angsuran. Akibatnya, jumlah pinjaman yang diterima oleh debitur dari kreditur tidak sesuai pendapatan bulanan.

3. Melakukan Pengelolaan Uang Menguntungkan

Ketimbang hanya mengandalkan alokasi gaji bulanan, akan lebih aman apabila anda membayar angsuran kredit dari hasil pengelolaan uang. Salah satu pengelolaan uang yang dapat diandalkan untuk membayar angsuran adalah peer to peer lending Modal Rakyat.

Modal Rakyat merupakan platform yang memberi kesempatan kepada Anda sebagai penyumbang modal. Modal tersebut akan disalurkan kepada para pelaku usaha di Indonesia. Nantinya, Anda akan mendapatkan imbal balik sebesar 18% per tahun dari jumlah modal.

Dengan adanya keuntungan stabil dari pengelolaan uang tersebut, Anda akan lebih ringan dalam mengalokasikan dana gajian untuk membayar cicilan. Dapatkan informasi pendanaan lebih lengkap melalui link berikut: keuntungan perdana Modal Rakyat.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Analisa Saham PTBA | 27 Juni 2022

Kenaikan PTBA saat ini tertahan area gap di 4130 – 4540 (box hijau) dimana area ini menjadi penahan kenaikan PTBA . Kedepan harga sahamnya berpeluang mengalami konsolidasi terlebih dahulu di area 3900 (MA50) – 4540 (area gap, box hijau). Jika area gap (box hijau) berhasil dilampaui dan bertahan di atasnya, maka terbuka ruang kenaikan baru yang lebih tinggi. Namun, hati-hati jika ternyata saham ini tidak mampu bertahan di atas area support 3730 (garis hitam), maka harga sahamnya cenderung melemah menuju 3090 dengan minor target 3460. Trading plan : Bagi yang sudah membeli ketika break 3910, bisa taking profit di area gap 4130 – 4630. Stoploss level 3680. Disclaimer ON sumber :  galerisaham Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham ASSA, DOID, UNTR dan WOOD oleh MNC SEKURITAS | 29 Juni 2022

MNCS Daily Scope Wave  29 Juni 2022 Menutup perdagangan kemarin (28/6), IHSG ditutup terkoreksi 0,28% ke level 6,996. Dapat dicermati level resistance terdekat di 7,070 dan 7,138, selama belum mampu break level-level tersebut maka pergerakan IHSG masih rawan koreksi untuk membentuk wave [b] label hitam ke rentang 6,786-6,850. Namun, apabila IHSG mampu break 7,138 maka IHSG akan membentuk wave [b] label merah ke arah 7,172. Support: 6,850, 6,800 Resistance: 7,070, 7,138 ASSA - Buy on Weakness ASSA ditutup flat di level 1,910 pada perdagangan kemarin (28/6). Selama tidak terkoreksi ke bawah 1,740 sebagai supportnya, maka posisi ASSA saat ini sedang berada di awal wave (B) sehingga ASSA berpeluang untuk kembali menguat. Buy on Weakness: 1,820-1,900 Target Price: 2,070, 2,330 Stoploss: below 1,740 DOID - Spec Buy Kemarin (28/6), DOID ditutup terkoreksi tipis ke level 380, pergerakan DOID pun masih cenderung sideways. Kami perkirakan, selama DOID masih mampu bergerak di atas 356 sebagai su

Rekomendasi Saham MEDC, ENRG dan BRMS oleh MIRAE ASSET | 27 Juni 2022

MIRAE ASSET SEKURITAS 27 JUNI 2022 IHSG Daily , 7.042,94 (+0,64%), menguji resistensi pada 7.099, rentang perdagangan 6.983–7.099. Indikator MFI-optimized sudah di support trendline dengan kecenderungan menguat. Indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized akan coba bergerak naik lebih lanjut.  Pada periode mingguan indikator MFI-optimized menguji support trendline, sementara RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik. Support harian di 6.983 dan resistensi harian di 7.099. Cut loss level di 6.970. MEDC Daily, Rp645 (-0,77%), trading buy, rentang perdagangan Rp630–660. Indikator MFI-optimized, indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik lebih lanjut. Support harian di Rp630 dan resistensi harian di Rp660. Cut loss level di Rp620.  ENRG Daily, Rp252 (+2,44%), trading buy, rentang perdagangan Rp240–260. Indikator MFI-optimized sudah berada di area oversold, sementara indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimiz