google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 15 September 2017 Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 15 September 2017

Market Review 15 September 2017
(Investment Information Team,  Mirae Asset Sekuritas Indonesia)

Menutup perdagangan akhir pekan ini, IHSG ditutup menguat 20 poin (+0.34%) ke level 5,872.392. Tercatat 142 saham menguat dan 172 saham melemah hingga akhir perdagangan. Sektor agriculture mencatatkan pelemahan terdalam diantara sektor lain dengan ditutup melemah 2.16%, sementara sektor basic industry memimpin penguatan dengan ditutup naik 2.82%. US Dollar melemah 11 poin (-0.08%) terhadap Rupiah, sehingga Rupiah menguat ke level Rp13,240 terhadap US Dollar. Investor asing mencatatkan transaksi net sell sejumlah Rp614 juta di seluruh Pasar hari ini.

Badan Pusat Statistik (BPS) pada hari ini mengumumkan bahwa di bulan Agustus neraca perdagangan RI mencatatkan surplus sebesar US$1,71 miliar. Sementara, nilai ekspor Indonesia tercatat US$15,21 miliar (+11.73% MoM, +19.24% YoY) dan nilai impor Indonesia tercatat US$13,49 miliar (-2.88% MoM, +8.89% YoY). Untuk periode Januari-Agustus 2017, neraca perdagangan RI tercatat surplus US$9,11 miliar. Nilai ekpor Indonesia tercatat US$108,79 miliar dan nilai impor tercatat US$99,68 miliar.

Selain itu, untuk bulan Agustus 2017, BPS juga mengumumkan Rupiah terdepresiasi sebesar 0.36% terhadap dolar Amerika, 0.36% terhadap dolar Australi, 1.94% terhaday yen Jepang dan 2.66% terhadap euro.

Advance Stocks:

- IMJS: Harga saham IMJS ditutup menguat Rp32 (+12.12%) ke level Rp296 pada perdagangan hari ini. IMJS meraih laba periode berjalan yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk hingga 30 Juni 2017 sebesar Rp88,41 miliar naik tipis dari laba Rp86,92 miliar di periode sama tahun sebelumnya. Pendapatan perseroan tercatat naik dari sebelumnya Rp1,24 triliun menjadi Rp1,35 triliun.

- DAYA: Di akhir perdagangan hari ini, harga saham DAYA ditutup menguat Rp6 (+3.14%) ke level Rp197. DAYA optimistis penjualan dapat tumbuh positif di tahun 2017 ini. Minat masyarakat terhadap produk kecantikan dan perawatan diri (personal care) yang tinggi membuat DAYA yakin bisa meningkatkan penjualannya di tahun ini. Perseroan yakin penjualan perusahaan tahun ini bisa tumbuh di atas dua digit. Pasalnya, hingga September ini pertumbuhan penjualan perusahaan berjalan sesuai dengan target.

- INKP: Menguat untuk hari kedua, harga saham INKP ditutup menguat Rp400 (+12.08%) ke level Rp3.710 pada perdagangan hari ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani sedang mempertimbangkan usulan peniadaan pajak pertambahan nilai (PPN) semua buku. Usulan tersebut muncul saat penulis dan penerbit memanfaatkan isu terkait pajak untuk penulis. Sri Mulyani mengatakan seluruh ekosistem penerbitan buku mulai dari pembuatan buku oleh penulis,  percetakan, bahan bakunya kertas, hingga proses daur ulang harus dikaji ulang baik buruknya.

Decline Stocks:

- TAXI: Harga saham TAXI ditutup melemah Rp1 (-1.25%) ke level Rp79 pada perdagangan hari ini. Di tengah penurunan kinerja perseroan akibat hadirnya taksi online, perseroan mencoba menyiasati dengan menurunkan target setoran. Dari sebelumnya Rp 240.000 per pengemudi per hari menjadi hanya Rp 150.000. Strategi tersebut agar utilisasi armada TAXI dapat tetap terjaga. Langkah TAXI menggenjot utilisasi armada lainnya adalah bermitra dengan Uber.

- TINS: Pada penutupan perdagangan hari ini, harga saham TINS melemah Rp10 (-1.13%) ke level Rp870. TINS meneken perjanjian kerjasama strategis dengan Yunnan Tin Group (Holding) Company Limited di sela Asian Tin Week yang tengah berlangsung. Bidang bisnis perusahaan tersebut yakni sebagai produsen dan penjual produk timah kimia dan timah. Kerjasama tersebut untuk bidang pemrosesan timah.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan

Rekomendasi Saham BBRI, GGRM, DRMA dan ACST oleh RHB Sekuritas Indonesia | 26 Oktober 2023

RHB Sekuritas Indonesia 26 Oktober 2023 Muhammad Wafi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Bank Rakyat Indonesia terlihat kembali melakukan rebound disertai volume dan menguji resistance garis MA20 sekaligus resistance bearish channel-nya. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal reversal dari fase bearish untuk menguji resistance garis MA50. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 5.125 dengan target jual di Rp 5.325 hingga Rp 5.575. Cut loss di Rp 5.000. PT Gudang Garam Tbk (GGRM) Gudang Garam terlihat melakukan rebound dan breakout resistance garis MA50 disertai volume dan menguji resistance garis MA20. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal breakout menuju fase bullish dan menguji level tertingginya di bulan Oktober 2023. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 24.800 dengan target jual di Rp 25.375 hingga Rp 26.650. Cut loss di Rp 24.525. PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) Dharma Polimetal terlihat melakukan rebound d