google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 9 November 2017 Langsung ke konten utama

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 9 November 2017

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (Nov 9, 2017)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Darmawan Halim (darmawan.halim@miraeasset.co.id)
Presiden Trump tiba di China kemarin dan akan melanjutkan pertemuannya dengan Presiden China Xi Jin Ping hari ini dengan agenda meminta lebih banyak dukungan dalam menangani Korea Utara dan juga kesepakatan bisnis korporat lainnya. Sekitar USD 9 miliar telah dilaporkan ditandatangani kemarin antara perusahaan China dan AS. Pernyataan bersama atas hasil pertemuan mereka akan menarik untuk ditunggu. Tidak banyak katalisator yang terlihat dari dalam negeri, namun menarik untuk dicatat bahwa BI hanya mengharapkan pertumbuhan kredit sebesar 9-11% di tahun 2018, sama dengan tahun ini, walaupun dengan perkiraan pertumbuhan PDB yang lebih tinggi pada 5,1% -5,5%.

Market Indicator
JCI: 6,049.38 (-0.18%)
EIDO: 27.14 (+0.37%)
DJIA: 23,563.36 (+0.03%)
FTSE100: 7,529.72 (+0.22%)
USD/IDR: 13,514 (-0.01%)
10yr GB yield: 6.65% (+1bps)
Oil Price: 56.81 (-0.68%)
Foreign net purchase: -IDR818.8bn

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141)
TOP BUY: BBRI, ASII, GGRM, ELSA, WTON
TOP SELL: TLKM, UNTR, ADRO, BMRI, BBCA

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102)
BBRI, TLKM, BMRI, BBCA, UNTR

Technical insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG: Daily, 6,049.38(-0.2%), prone to correction, trading range hari ini  6,029 – 6,072.  Potensi kenaikkan mulai terbatas dan rawan koreksi. Hal ini mengingat indikator MFI optimized, RSI optimized dan  Stochastic %D cenderung turun. Sementara itu pada indikator Bollinger Band optimized akan menguji BBTop. Pada pergerakkan weekly Indikator MFI optimized , indikator W%R optimized dan indikator Stochastic%D optimized terlihat cenderung turun dan Bollinger Band optimized harga sudah berada di BBTop.
*SMGR: Daily, 10,500 (+1.7%), trading buy, trading range 10,375 – 10,625. Indikator MFI optimized, indikator RSI optimized cenderung dan indikator Stochastic%D optimized masih cenderung naik Pada pergerakkan daily harga saat ini naik ke level +1.7 % , normal kenaikkan sekitar +1.2 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly kenaikkan sekitar +1.2%, normal kenaikkan sekitar +2.48 %. Dengan demikian potensi kenaikkan masih terlihat.
*BMRI: Daily, 7,175 (+0.7%),trading buy, trading range 7,075 – 7,225. Indikator MFI optimized akan menguji support trend line, indikator RSI  optimized dan  indikator Stochastic%D cenderung naik. Lebih lanjut potensi kenaikkan normal harga pada pergerakkan daily sekitar +0.98%, saat ini di level +0.7 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly kenaikkan normal sekitar +2.6% saat ini harga terkoreksi ke -1.86%. Dengan demikian potensi kenaikkan masih terlihat.
*ACES: Daily, 1,265 (+4.1%), trading buy, trading range 1,240 – 1,300. Indikator MFI optimized cenderung naik, indikator W%R optimized,  indikator Stochastic%D optimized cenderung naik. Jika dilihat lebih lanjut kenaikkan normal pada pergerakkan daily sekitar +2.05 %, saat ini di level +4.1 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly kenaikkan normal sekitar +4.35 % saat ini di level +5.0%. Dengan demikan potensi kenaikkan masih terlihat namun untuk sementara akan terbatas.

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

*Persediaan minyak mentah A.S. naik 2,2 juta barel pekan lalu: EIA
*Pasokan bensin A.S. turun 3,3 juta barel: EIA

*RBMS +10.2%. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencermati pola transaksi perdagangan saham Ristia Bintang Mahkota Sejati Tbk (RBMS) karena telah mengalami peningkatan harga dan aktivitas yang diluar kebiasaan (UMA).
*TIFA + 2.6%. PT Tifa Finance Tbk (TIFA) kembali mendapatkan pinjaman dari perbankan guna menjalankan kegiatan usahanya di bidang pembiayaan.
*KRAS + 0.4%. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) yang merupakan produsen baja nasional, menyuplai kebutuhan baja untuk pembangunan tol layang Jakarta-Cikampek II sepanjang 37 km.
*BUDI + 1.0%. Budi Starch siapkan dana untuk beli pabrik tapioka
*TPIA + 1.4%. Chandra Asri gencar tambah kapasitas pabrik.
*BIRD - 0.4%. laporan keuangan kuartal III-2017 yang dirilis 27 Oktober 2017, laba  BIRD turun dari Rp 360,87 miliar menjadi Rp 302,12 miliar di kuartal III-2017. Artinya laba emiten transportasi ini melorot 16,28% year-on-year (yoy).
*WSKT - 1.3%. Waskita targetkan operasi Tol Jakarta- Cikampek II pada 2019.

Daily write up
LPKR (Buy) NDR feedback: Interesting, but wait and see by Franky Rivan (franky@miraeasset.co.id) 
- Kami menyelenggarakan non-deal roadshow dua hari dengan Lippo Karawaci (LPKR) pada 23 dan 25 Oktober di Singapura dan Korea Selatan.
- LPKR menyatakan bahwa proyek Meikarta akan dibangun di atas tanah dormant yang telah diakuisisi sejak lama oleh perusahaan; Dengan demikian, daripada terbengkalai, akan digunakan untuk pengembangan properti menengah-kebawah. LPKR kemudian akan mengembangkan proyek dengan margin lebih tinggi di sekitar tanah tersebut setelah proyek Meikarta, namun hanya jika terlihat adanya pemulihan di pasar properti. Kami memandang ini sebagai strategi yang prudent dan tepat untuk mengatasi kondisi pasar properti saat ini.
- Meskipun promosi agresif perusahaan di Meikarta, kami lihat investor tetap netral pada kondisi pasar properti Indonesia saat ini.
- Kami upgrade rekomendasi kami di LPKR menjadi Buy (dari Trading Buy) sementara mempertahankan TP kami sebesar IDR865, karena penurunan harga saham baru-baru ini telah memperbesar potensi upside. LPKR saat ini diperdagangkan di 2018F P/E di 9x, diskon yang lebar dibandingkan 2018F P/E indeks properti di 12,4x. Dari perspektif P/B, LPKR saat ini diperdagangkan di bawah nilai bukunya, pada 2018F P/B yang hanya 0,44x, dekat -2 SD nya (0,41x).

<Market Headlines>

Kinerja sektor alat berat bertambah kuat (Kontan)
Penjualan UNTR, HEXA dan INTA tumbuh double digit.

Wika Beton memenuhi 38.1% target kontrak baru (Kontan)
Wika Beton mencatatkan perolehan kontrak baru senilai IDR4.2tr hingga 30 September 2017. Meskipun pencapaian tersebut masih jauh dari target tahunan, perusahaan ini tetap optimistis mampu memenuhi target tahun ini.

Metro Pacific belum melakukan penawaran tender, IDX suspen META (Investor Daily)
PT Metro Pacific Tollways Indonesia (MPTI) belum melakukan tender offer meskipun secara resmi telah mengakuisisi 48,27% saham PT Nusantara Infrastructure Tbk (META). Sementara itu, BEI memutuskan untuk menghentikan sementara perdagangan saham META.

Wika Realty akan menerbitkan MTN seharga IDR250 miliar (Investor Daily)
PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melalui anak perusahaannya yaitu Wijaya Karya Realty (Wika Realty) menerbitkan medium term notes (MTN) sebesar IDR250 miliar. MTN ini memiliki suku bunga 10,35% dan akan jatuh tempo dalam tiga tahun.

Untung PDES naik 32.2% (Bisnis Indonesia)
PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk mencatat kenaikan pendapatan sebesar 13.3% dan laba bersih 32.2% yoy

PTBA akan stock split 1:5 (Bisnis Indonesia)
PTBA berencana melakukan stock split dengan ratio 1:5 dalam waktu dekat

(Kompas)
Ekonomi Syariah Dikonsolidasikan: Strategi Nasional Akan Payungi Seluruh Program
Digital Bisa Perkuat Merek: Untuk Adaptasi, Perusahaan Harus Mengenali Kebutuhan Konsumen
Upaya Hilirisasi Terus Dipacu: Peningkatan Ekspor Juga Ditopang Kesepakatan dengan Pihak Lain
Kasus Penipuan Sebabkan Kepercayaan Konsumen Rendah

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan