google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Ulasan Penutupan Pasar Saham Indonesia | 27 April 2018 Langsung ke konten utama

Ulasan Penutupan Pasar Saham Indonesia | 27 April 2018

*Mirae Asset Sekuritas Indonesia*
Investment Information Team

*Market Review 27 April 2018*

Tercatat 198 saham menguat dan 211 saham melemah. *IHSG +10.04 poin (+0.16%) ke level 5.919,238*, dan *LQ-45  +2,34 poin (+0.24%) ke level 945,638*.

*Sectoral Return :*
- Agri -0,74%
- Mining -1,78%
- Basic-Ind +0,00 %
- Misc-Ind +1,67%
- Consumer -0,08%
- Property -0,93%
- Infrastructure +0,54%
- Finance +0,76%
- Trade -0,12%

Investor asing *net sell senilai Rp 358,44 Milyar*.

*USD/IDR +5,00 poin (+0.04%)* terhadap Rupiah di angka 13.888.

*Saham yang ditutup menguat*

- *INCO ditutup menguat Rp 30 (+0.93%) ke level Rp 3.230*. Harga komoditas yang lebih tinggi membawa keuntungan bagi PT Vale Indonesia Tbk (INCO) di awal tahun ini. Pendapatan emiten nikel ini melonjak 18,42% pada kuartal pertama 2018 menjadi sebesar US$ 170,45 juta jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu US$ 143,45 juta. Meski beban pokok pendapatan naik tipis, Vale masih bisa mencatat laba kotor US$ 16,27 juta pada tiga bulan pertama tahun ini. Pada periode yang sama tahun lalu, INCO mencatatkan kerugian kotor US$ 2,45 juta.

- *DFAM menguat Rp 80 (+69.56%) ke level Rp 195*.  PT Dafam Property Indonesia Tbk (DFAM) berencana menerbitkan surat utang jangka menengah Medium Term Note (MTN) yang akan dilakukan pada semester II-2018. Adapun target pengumpulan MTN yakni Rp100 miliar hingga Rp150 miliar. Direktur Utama PT Dafam Properti Indonesia Billy Dahlan mengatakan, mengenai kepastian nilainya, pihaknya masih melakukan penghitungan berapa jumlah yang akan disesuaikan dengan modal perusahaan. Untuk mempersiapkan pengumpulan dana dari MTN, pihaknya menunjuk PT Sinarmas Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi.

- *TBIG menguat Rp 325 (+6.16%) ke level Rp 5.600*. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Hotel Westin, Jakarta, pada hari ini. Salah satu hasil keputusan RUPST, adalah pembagian dividen kepada pemegang saham dari tahun buku 2017. Direktur TBIG Helmy Yusman Santoso mengatakan RUPST telah memutuskan untuk membagikan Rp 750 miliar dividen kepada pemegang saham. "Jumlah ini setara dengan 32,4 persen dari laba perusahaan di tahun buku 2017. Dengan begitu per lembar sahamnya Rp 169," kata Helmy di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

*Saham yang ditutup melemah*

- *MLBI melemah Rp 800 (-4.70%) ke level Rp 16.200*. PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) mencatat penjualan bersih Rp 734,37 miliar pada kuartal pertama tahun ini. Pendapatan MLBI turun 18,31% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 898,95 miliar. Porsi terbesar penjualan Multi Bintang masih berasal dari penjualan kelompok produk alkohol yang mencapai Rp 648,78 miliar atau 88,34% dari total penjualan pada periode Januari-Maret. Sisanya adalah penjualan produk non alkohol.

- *PGAS melemah Rp 140 (-6.33%) ke level Rp 2.070*. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) optimistis kinerja keuangannya di tahun ini bisa membaik. Salah satu faktor positif yang bakal mendorong kinerja keuangan emiten ini adalah penggabungan antara PGAS dan Pertagas, sebagai kelanjutan pembentukan holding badan usaha milik negara (BUMN) di bidang minyak dan gas.

- *BRMS melemah Rp 2 (-2.70%) ke level Rp 72*. Perusahaan tambang milik Grup Bakrie PT Bumi Resources Mineral Tbk (BRMS) mencatatkan kinerja yang menyedihkan. Perseroan mencatat rugi yang dapat didistribusikan ke pemilik entitas induk sebesar USD4,76 juta pada periode tiga bulan pertama 2018. Angka ini memang menyusut dari sebelumnya yang sebesar USD6,87 juta.

- *EXCL melemah Rp 50 (-2.26%) ke level Rp 2.160*. Kalau tak meleset, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan mencoba jaringan 5G saat perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 nanti. Sementara ini, PT XL Axiata Tbk memilih wait and see dalam membenamkan investasi di jaringan teknologi paling canggih tersebut. XL Axiata mempertimbangkan tiga faktor utama yang masih mengganjal penerapan 5G. Ketiganya meliputi spektrum jaringan, ekosistem pendukung dan respon industri.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan