google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 6 September 2018 Langsung ke konten utama

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 6 September 2018


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (6 September, 2018)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Mimi Halimin (mimi.halimin@miraeasset.co.id)
IHSG jatuh sebesar 3,76% menjadi 5.683,5 pada sesi perdagangan kemarin (9/5) di tengah meningkatnya kekhawatiran atas emerging market, terutama di Argentina, Turki, dan Afrika Selatan. Ada terlalu banyak sentimen negatif yang beredar di market sekarang, menambah tekanan pada IHSG. Kami percaya bahwa sentimen yang tidak menguntungkan ini kemungkinan akan bertahan di market untuk sementara waktu, menciptakan market yang bergejolak. Sebelumnya, strategist kami menyebutkan bahwa fund outflows yang kian parah kemungkinan akan berlanjut untuk sementara waktu. Pelemahan Rupiah juga menambah kegemparan di market domestik. Menurut data Bloomberg, USD/IDR ditutup pada 14.938 pada 5 September dan hampir mencapai ambang level psikologis 15.000. Rupiah masih terdepresiasi bahkan setelah bank sentral (Bank Indonesia) menaikkan suku bunga acuan sebesar 125bps (YTD), mengarahkan investor untuk berhati-hati dalam mengamati langkah pemerintah selanjutnya untuk melindungi Rupiah dari depresiasi lebih lanjut. Sementara itu, pemerintah akan menaikkan pajak impor hingga 10% (dari 2,5% -7,5%) pada lebih dari 1.000 barang (mulai dari kosmetik hingga mobil) untuk mengurangi defisit perdagangan. Kami memperkirakan hal ini bisa menjadi sentimen yang baik untuk Rupiah hari ini.

Market Indicator
JCI: 5,863.50 (-3.76%)
EIDO: 21.39 (-4.34%)
DJIA: 25,974.99 (+0.09%)
FTSE100: 7,383.28 (-1.00%)
USD/IDR: 14,938 (+0.02%)
10yr GB yield: 8.62% (+22bps)
Oil Price: 68.72 (-1.65%)
Foreign net purchase: -IDR877.4bn

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141)
TOP BUY: INKP, CPIN, TKIM, LPPF, BUMI
TOP SELL: BBRI, TLKM, UNTR, BBNI, BMRI

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102)
BBRI, TLKM, BBCA, ASII, BMRI

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

Impor AS meningkat 0,9% hingga rekor $ 261,2 miliar pada bulan Juli
Ekspor AS turun 1% menjadi $ 211,1 miliar pada bulan Juli
Defisit perdagangan AS melonjak 9,5% menjadi $ 50,1 miliar pada bulan Juli

*AKSI +24.4%. Saham Majapahit Inti Corpora (AKSI) bisa diperdagangkan lagi hari ini
*TUGU +7.3%. Direktur Pemasaran TUGU beli saham untuk Investasi
*WOMF -4.6%. WOMF Finance salurkan pembiayaan Rp 3.9 Triliun di semester I
*MYTX -0.9%. Asia Pacific Investama rugi Rp 93.75 miliar
*WIKA -6.4%. WIKA percepat pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung
*SMCB -5.2%. Holcim Indonesia akan menaikkan harga semen

Technical insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 5,683.(-3.76% ) limited downside, trading range hari ini 5,667, – 5,751. Indikator MFI optimized  dan indikator RSI optimized masih cenderung turun namun sudah mendekati support trendline. Figure 3 pada periode weekly ,indikator MFI optimized , indikator RSI optimized dan Stochastic %D optimized  masih bergerak turun. Daily resistance terdekat di 5,751 dan support di 5,667.Cut loss level di 5,620.

*CPIN Daily, 4,590 (-3.37%), buy on weakness ,trading range 4,520– 4,680. Indikator MFI  optimized dan indikator William %R  optimized akan menguji support trend line. Daily support di 4,520 dan resistance di 4,680. Cut loss level di 4,510.

*JPFA  Daily,  2,020(-5.67%), buy on weakness,  1,980 – 2,080. indikator MFI optimized & RSI optimized masih cenderung turun menguji support trend line. Daily dan Weekly resistance di 2,080 dan 2,160 Sementara itu daily dan weekly support di 1,980 dan 1,970. Cut loss level di 1,900.

*ERAA Weekly, 2,360 (-11.94%),buy on weakness. trading range 2,140 – 3,650. Indikator MFI optimized  dan indkator Will%R optimized dan Stochastic %D akan menguji support trendline. Dengan demikian diperkirakan potensi koreksi relatif terbatas . Perkiraan daily dan weekly support di 2,180 dan 2,140. Daily dan weekly resistance di 2,450 dan 3,650. Cut loss level di 2,110

Daily write up
Aneka Tambang (ANTM IJ) - Blockbuster stock by Andy Wibowo Gunawan (andy.wibowo@miraeasset.co.id)

-Kami yakin performa keuangan Aneka Tambang’s (ANTM/TP: IDR1.400/Buy) akan cerah didukung oleh pertumbuhan penjualan bijih nikel dan emas yang kuat dan pertumbuhan perusahaan yang berkelenjutan jangka panjang.

-Kami optimis dengan volume penjualan bijih nikel dan harga nikel global untuk tahun 2018F. Selain itu, ANTM juga mengimplementasikan inovasi produk untuk bisnis emasnya.

-Untuk jangka panjang, ANTM tampaknya akan mampu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan yang didukung oleh: (1) sokongan dari pemerintah Indonesia, (2) potensi penmabahan cadangan bijih nikel, dan (3) kulitivasi bisnis  alumina sebagai penggerak pertumbuhan jangka menengah-panjang.

-kami mempertahankan perkiraan pendapatan ANTM sebesar IDR25,6tr di tahun 2018 dan IDR24,6tr di tahun 2019 dengan keuntungan bersih sebesar IDR1,1tr di tahun 2018 (+709,2% YoY) dan IDR1,5tr di tahun 2019 (+34,4% YoY).

-Rekomendasi Buy! TP 1.400. Risiko pelemahan yaitu harga komoditas global yang lebih rendah, perubahan peraturan, cuaca buruk, fluktuasi tingkat bunga dan nilai tukar, serta penurunan keuntungan dari perusahaan patungan.
(Selengkapnya: https://goo.gl/oMUSm6)           
Please click here to view full report


Company Update
ACE Hardware Indonesia (ACES IJ) - Cash is king by Christine Natasya (natasya@miraeasset.co.id)
(Sep 5, 2018)

-Government is finalizing the import tax regulation - A total of 900 imported consumer goods—which are already identified in the government regulation, Peraturan Menteri Keuangan/PMK No 34/2017—will receive varied tax rates and may be subject to changes such as: 1) higher import tax rates (which are currently in the range of 2.5%-7.5%), and 2) greater disparities/variety among the goods that are imported.

-We checked with ACE Hardware Indonesia (ACES) regarding this matter and its previous experience in similar situations. The company saw import tax hikes ranging from 2.5% to 7.5% from the 2014 withholding import tax (PPH 22), which was applied to 502 items. However, as the tax was recorded as prepaid tax, it was able to be credited to corporate tax by the end of the fiscal year.

-For ACES, which imports 80% of its products, the impact was therefore negative only in terms of cash flow when buying inventory; bottom line remained the same. Regardless, we note the company has ample cash (IDR821bn as of 1H18) and inventory (198 days as of 2Q18) and is thus well-positioned to adapt to regulatory changes such as additional taxed goods and higher tax rates. Meanwhile, other importers will engage in importation each according to their own cash flow capacity.

-We retain our Trading Buy recommendation on ACES with a target price of IDR1,540.
(See more at: https://goo.gl/Zxj5bN)

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Menurut Benjamin Graham

Harga Wajar dan Benjamin Graham Harga wajar atau Harga intrinsik adalah harga wajar suatu perusahaan. Jika harga saham diatas Harga wajar artinya saham tersebut mahal dan jika dijual dibawah Harga wajar artinya saham tersebut murah.Salah satu investor yang mempopulerkan tentang Harga wajar adalah Benjamin Graham. Seorang investor yang menjadi figur penting Warren Buffet. Benjamin Graham mengajar di Columbia Business School tempat Warren Buffet menimba ilmu. Benjamin Graham menulis buku the security analysis dan juga the intelligent investor. Buku yang merupakan legenda dan bacaan wajib bagi para value investor di seluruh dunia. Buku yang juga dibaca dan didalami oleh Warren Buffet ataupun Lo Kheng Hong. Harga Wajar menurut Benjamin Graham Mari saya jelaskan bagaimana contoh menghitung Harga wajar. Dan sebagai contoh perusahaan maka saya akan menggunakan salah satu perusahaan lain yang saya beli. Saya menggunakan data EPS 2018 dengan harga EPS 141,84 Komponen yang saya gunakan ada 2 dal