Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 28 Januari 2019

*Mirae Asset Sekuritas Indonesia*
Investment Information Team

*Market Review 28 Januari 2019*

Tercatat 182 saham menguat dan 251 saham melemah. *IHSG -24.1 poin (-0.37%) ke level 6,458.7*, dan *LQ-45 -6.6 poin (-0.64%) ke level 1,019.1*.

*Sectoral Return :*
- Agri +1.49%
- Mining +0.18%
- Basic-Ind +1.50%
- Misc-Ind -0.73%
- Consumer -0.61%
- Property -1.72%
- Infrastructure -1.41%
- Finance -0.49%
- Trade +0.19%
- Manufacture -0.05%

Investor asing *net sell senilai Rp 660 Miliar*.

*USD/IDR -21.00 poin (-0.15%)* terhadap Rupiah di angka 14,071.50.

*Saham yang ditutup menguat*

- *INDY ditutup menguat Rp 180 (+8.86%) ke level Rp 2,210*. PT Indika Energy Tbk. (INDY) melalui anak perusahaannya yaitu PT Indika Mineral Investindo (IMI) resmi menguasai 19,9% saham perusahaan pertambangan emas, yakni Nusantara Resources Limited. Sekretaris Perusahaan Indika Energy Adi Pramono menyampaikan, pada 23 Januari 2019 perseroan melalui IMI telah melakukan penyertaan atas 2,78 juta saham di Nusantara. Harga penyertanyaan AUD$0,23 per lembar, sehingga total transaksi mencapai AUD$639.459,80 atau setara dengan US$456.045,68.

- *GIAA menguat Rp 32 (+8.83%) ke level Rp 394*. Garuda Indonesia mencatatkan capaian On Time Performance (OTP) arrivals sebesar 89,9% selama bulan Desember 2018 dengan jumlah penerbangan mencapai lebih dari 15 ribu flight. Sekaligus menepatkan Garuda sebagai maskapai paling tepat waktu se-Asia Pasifik. Bambang Adisurya Angkasa, Direktur Operasi Garuda Indonesia menyebutkan bahwa pencapaian tingkat OTP tersebut tentunya tidak terlepas dari upaya Garuda Indonesia untuk memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasanya.

*Saham yang ditutup melemah*

- *BBTN melemah Rp 50 (-1.85%) ke level Rp 2,650*. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) yang menganggarkan dana Rp 6,7 triliun untuk ekspansi secara anorganik tahun ini. Bank ini akan merealisasi rencana untuk mengakuisisi dua perusahaan keuangan yang sudah direncanakan sejak tahun lalu yakni manager investasi (MI) dan asuransi. Kabarnya Bank BTN akan mengakuisisi anak usaha PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yakni PT PNM Investmen Management (IM). Bank ini ingin mencaplok perusahaan manager investasi guna menggarap potensi pendanaan jangka panjang setelah Badan Pengeloaan Tabungan Perumahaan Rakyat (BP Tapera) beroperasi.

- *TLKM melemah Rp 100 (-2.57%) ke level Rp 3,780*. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mendirikan perusahaan fintech (financial technology) yang bergerak di bidang jasa sistem pembayaran dengan nama PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). VP Investor Relations Telkom Indonesia Andi Setiawan menyampaikan, pada 21 Januari 2019 telah disetujui akta pendirian Finarya oleh Telkomsel yang memegang 99,99% dari seluruh saham Finarya.

- *WIKA melemah Rp 30 (-1.55%) ke level Rp 1,895*. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) guna membahas perubahan status persero menjadi nonpersero. Direktur Utama WIKA Tumiyana dalam jumpa pers seusai RUPSLB di Jakarta, Senin, mengatakan keputusan itu merupakan langkah awal penguatan perusahaan bergabung dalam "holding" BUMN sektor perumahan dan pengembangan kawasan.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX
Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri.

Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut:
Tanaman Pangan BISI International Tbk

Perkebunan Astra Agro Lestari TbkBW Plantation TbkGozco Plantations TbkJaya Agra Wattie TbkMulti Agro Gemilang Plantation TbkProvident Agro TbkPP London Sumatra TbkSalim Ivomas Pratama TbkSampoerna Agro TbkSMART TbkTunas Baru Lampung TbkBakrie Sumatra Plantations Tbk

Peternakan Cipendawa Tbk…

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik GarisBar Chart/Grafik BatangCandlestick Chart/Grafik Lilin Grafik Line Chart hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara Bar Chart dan Candlestick Chart hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya pribadi selalu menggunakan candlestick chart di platform trading yang sa…

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity.

Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut:

Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail.

Pertimbangan untuk AlexDepositoInvestasi Toko/Warung RetailRisikoMinim, relatif nggak ada bagi AlexBisa bangkrut atau perkembangan bisnis tidak sesuai harap…