Langsung ke konten utama

Pola CUP AND HANDLE untuk Analisis Saham

Cup and Handle adalah pola chart saham favourite bagi segala macam jenis investor. Dari dulu hingga sekarang, perilaku manusia secara umum sama, pola Cup and Handle ini menunjukkan betapa ini menjadi trading tool yang handal. 

Karakteristik Dasar

Saham perlu menunjukkan tren naik 30% dari titik harga mana pun, tetapi harus sebelum konstruksi dasar. Atau, Saham harus menunjukkan kenaikan minimum 20% dari breakout sebelumnya.

Cup and Handle harus setidaknya tujuh minggu. Jika tidak ada Handle, maka Cup itu sendiri harus meregangkan minimal enam minggu.

Handle itu sendiri membutuhkan setidaknya lima hari untuk terbentuk, tetapi bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Pastikan itu tidak melebihi porsi Cup dalam waktu atau ukuran penurunan. Cup yang baik dengan Handle harus benar-benar terlihat seperti siluet Cup teh yang dibentuk dengan baik. Handle selalu menunjukkan penurunan yang lebih kecil dilihat dari high ke low; itu merupakan perubahan terakhir dari investor yang tidak berkomitmen, mengirimkan saham-saham itu ke tangan yang lebih kuat di pasar.

Dalam kebanyakan kasus, penurunan dari high ke low tidak boleh melebihi 8% hingga 12%. Selama pasar bearish, beberapa Cup bagus dengan dasar Handle menunjukkan penurunan besar, dua digit di dalam Handle. Tetapi sekali lagi, itu tidak boleh lebih low daripada low-nya Cup.

Handle biasanya dimulai dengan harga turun. Ketahuilah bahwa Handle itu sendiri, yang harus meregang untuk minimum lima sesi perdagangan, dapat berubah menjadi basisnya sendiri dalam kasus-kasus tertentu. Itu bukan masalah; sering kali cara saham menawarkan titik pembelian yang lebih jelas atau lebih rendah dari yang disarankan oleh pola yang lebih besar.

Handle Harus Cukup Tinggi

Handle harus terbentuk di bagian atas dari seluruh pola. Jika terlalu rendah, itu cacat.

Satu cara untuk memeriksa apakah Handle itu benar: gunakan tes titik tengah sederhana. Tambahkan harga tertinggi dan harga terendah di dalam Handle dan bagi dengan 2. Angka itu harus lebih besar dari titik tengah basis aktual itu sendiri.

Mari kita ambil Cup and Handle yang dibuat oleh Baidu (BIDU) (lihat grafik di bawah) pada tahun 2007. Di dasar Cup, tinggi adalah 134,10 dan rendah adalah 92,80. Tambahkan dua harga bersama dan bagi dengan 2 dan Anda mendapatkan titik tengah dasar 113,45. Handle menunjukkan tinggi 132,80 dan rendah 120,25, dan titik tengahnya 126,53 dengan mudah melampaui titik tengah Cup.

Handle juga harus menunjukkan kemiringan ke bawah di sepanjang setidaknya sebagian dari harga terendah, bukan ke atas.

Handle miring ke atas adalah cacat; itu mewakili permintaan yang lemah karena pembeli baru pindah ke saham dengan kecepatan yang lemah. Selama breakout saham, Anda ingin melihat gelombang baru pembeli datang dengan kecepatan besar, bukan yang lemah.


Selain itu, penurunan volume yang curam dan tinggi akan membuat Anda waspada. Anda tidak ingin membeli saham yang tidak sabar menunggu untuk dibongkar dengan harga berapa pun.

Cup harus terbentuk dengan lancar, tanpa penurunan harga utama di sisi kiri. Kenaikan tajam di sisi kanan juga tidak selalu baik. Anda mungkin berpikir bahwa kebalikan dari jalan keluar yang didorong oleh kepanikan adalah hal yang baik. Mungkin sebenarnya tidak.

Hindari Dasar Yang Terlalu Dalam

Cobalah batasi pilihan Anda untuk Cup yang kedalamannya tidak lebih dari 30% atau 33%, kecuali yang dibuat selama pasar bearish. Dalam hal itu, saham growth yang luar biasa dapat jatuh 40%, 50% atau lebih dan masih membuat breakout yang sukses.

Namun, penurunan yang dangkal lebih baik. Ini menunjukkan bahwa tangan besar menangkap saham.

Carilah volume yang relatif mengecil di sepanjang posisi terendah pada dasar. Volume juga harus ringan di Handle.

Price action yang lebih ketat lebih baik. Ini berlaku untuk hampir semua dasar. Dasar yang longgar dan berombak menunjukkan saham harus bergerak jauh untuk menemukan harga. Jika institusi memegang saham, itu tidak akan jatuh terlalu dalam.

Waktu Yang Tepat Untuk Beli Saham

Waktu Beli yang Tepat adalah tempat semua parameter di atas mengarah jika mereka muncul dengan benar. Titik beli dari dasar Cup and Handle muncul di titik tertinggi Handle, ditambah 10 sen. Dalam kasus mantan pemenang besar Baidu, titik pembelian yang tepat selama 14 Mei 2007, penembusan adalah 132,90, sepeser pun di atas tinggi intraday Handle 132,80.

Kurang dari enam bulan kemudian, mesin pencari web China terkemuka meroket menjadi 428, naik 222%.

Volume pada Breakout

Bahkan jika semua parameter lain datang bersamaan, Anda harus menghindari saham yang breakout di bawah moving average 10 minggu mereka.

Juga, ketika saham breakout, Anda biasanya melihat pasar cepat dalam melakukan turnover. Volume idealnya harus naik setidaknya 40% di atas rata-rata 50 hari. Untuk saham kecil dan menengah, perkirakan volume breakout akan berlipat dua atau tiga.

Apa yang harus Anda lakukan jika volume pada hari breakout jauh lebih ringan dari biasanya? Terkadang volume akan bertambah dalam beberapa sesi berikutnya. Volume rendah di pasar secara umum juga bisa menjadi faktor. Juga pertimbangkan bahwa breakout mungkin dimulai di kemudian hari.

Seorang ahli saham telah sering mengatakan pada seminar bahwa setelah saham breakout, ia ingin melihat kenaikan volume mingguan vs minggu sebelumnya. Ini menandakan pergeseran dalam demand untuk saham yang bisa terus berakumulasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX
Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri.

Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut:
Tanaman Pangan BISI International Tbk

Perkebunan Astra Agro Lestari TbkBW Plantation TbkGozco Plantations TbkJaya Agra Wattie TbkMulti Agro Gemilang Plantation TbkProvident Agro TbkPP London Sumatra TbkSalim Ivomas Pratama TbkSampoerna Agro TbkSMART TbkTunas Baru Lampung TbkBakrie Sumatra Plantations Tbk

Peternakan Cipendawa Tbk…

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity.

Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut:

Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail.

Pertimbangan untuk AlexDepositoInvestasi Toko/Warung RetailRisikoMinim, relatif nggak ada bagi AlexBisa bangkrut atau perkembangan bisnis tidak sesuai harap…

Analisa Saham JPFA dan MYOR

Saham JPFA
Baca juga: Mengenal Indikator Moving Average

Daily (1605) (RoE: 12.67%; PER: 13.50x; EPS: 118.87; PBV: 1.71x; Beta: 2.97):Saham  Pergerakan harga saham telah menguji garis MA 120 sehingga peluang terjadinya penguatan terbuka lebar.

Rekomendasi:
“Akumulasi Beli” pada area level 1590 – 1610, dengan target harga secara bertahap di level 1655, 1780 dan 1910. Support: 1560 & 1525.

Saham MYOR
Baca juga: Mengenal Indikator Bollinger Bands

Daily (2040) (RoE: 15.74%; PER: 31.58x; EPS: 65.24; PBV: 4.96x; Beta: 0.33):Saham  Pergerakan harga masih bertahan di atas garis bawah dari bollinger dan terlihat pola bullish doji star candle yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli.

Rekomendasi:
“Akumulasi Beli” pada area level 2020 – 2050, dengan target harga secara bertahap di level level 2100 dan 2220. Support: 2000.

Muhammad Nafan Aji Gusta