google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Pola CUP AND HANDLE untuk Analisis Saham Langsung ke konten utama

Pola CUP AND HANDLE untuk Analisis Saham

Cup and Handle adalah pola chart saham favourite bagi segala macam jenis investor. Dari dulu hingga sekarang, perilaku manusia secara umum sama, pola Cup and Handle ini menunjukkan betapa ini menjadi trading tool yang handal. 

Karakteristik Dasar

Saham perlu menunjukkan tren naik 30% dari titik harga mana pun, tetapi harus sebelum konstruksi dasar. Atau, Saham harus menunjukkan kenaikan minimum 20% dari breakout sebelumnya.

Cup and Handle harus setidaknya tujuh minggu. Jika tidak ada Handle, maka Cup itu sendiri harus meregangkan minimal enam minggu.

Handle itu sendiri membutuhkan setidaknya lima hari untuk terbentuk, tetapi bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Pastikan itu tidak melebihi porsi Cup dalam waktu atau ukuran penurunan. Cup yang baik dengan Handle harus benar-benar terlihat seperti siluet Cup teh yang dibentuk dengan baik. Handle selalu menunjukkan penurunan yang lebih kecil dilihat dari high ke low; itu merupakan perubahan terakhir dari investor yang tidak berkomitmen, mengirimkan saham-saham itu ke tangan yang lebih kuat di pasar.

Dalam kebanyakan kasus, penurunan dari high ke low tidak boleh melebihi 8% hingga 12%. Selama pasar bearish, beberapa Cup bagus dengan dasar Handle menunjukkan penurunan besar, dua digit di dalam Handle. Tetapi sekali lagi, itu tidak boleh lebih low daripada low-nya Cup.

Handle biasanya dimulai dengan harga turun. Ketahuilah bahwa Handle itu sendiri, yang harus meregang untuk minimum lima sesi perdagangan, dapat berubah menjadi basisnya sendiri dalam kasus-kasus tertentu. Itu bukan masalah; sering kali cara saham menawarkan titik pembelian yang lebih jelas atau lebih rendah dari yang disarankan oleh pola yang lebih besar.

Handle Harus Cukup Tinggi

Handle harus terbentuk di bagian atas dari seluruh pola. Jika terlalu rendah, itu cacat.

Satu cara untuk memeriksa apakah Handle itu benar: gunakan tes titik tengah sederhana. Tambahkan harga tertinggi dan harga terendah di dalam Handle dan bagi dengan 2. Angka itu harus lebih besar dari titik tengah basis aktual itu sendiri.

Mari kita ambil Cup and Handle yang dibuat oleh Baidu (BIDU) (lihat grafik di bawah) pada tahun 2007. Di dasar Cup, tinggi adalah 134,10 dan rendah adalah 92,80. Tambahkan dua harga bersama dan bagi dengan 2 dan Anda mendapatkan titik tengah dasar 113,45. Handle menunjukkan tinggi 132,80 dan rendah 120,25, dan titik tengahnya 126,53 dengan mudah melampaui titik tengah Cup.

Handle juga harus menunjukkan kemiringan ke bawah di sepanjang setidaknya sebagian dari harga terendah, bukan ke atas.

Handle miring ke atas adalah cacat; itu mewakili permintaan yang lemah karena pembeli baru pindah ke saham dengan kecepatan yang lemah. Selama breakout saham, Anda ingin melihat gelombang baru pembeli datang dengan kecepatan besar, bukan yang lemah.


Selain itu, penurunan volume yang curam dan tinggi akan membuat Anda waspada. Anda tidak ingin membeli saham yang tidak sabar menunggu untuk dibongkar dengan harga berapa pun.

Cup harus terbentuk dengan lancar, tanpa penurunan harga utama di sisi kiri. Kenaikan tajam di sisi kanan juga tidak selalu baik. Anda mungkin berpikir bahwa kebalikan dari jalan keluar yang didorong oleh kepanikan adalah hal yang baik. Mungkin sebenarnya tidak.

Hindari Dasar Yang Terlalu Dalam

Cobalah batasi pilihan Anda untuk Cup yang kedalamannya tidak lebih dari 30% atau 33%, kecuali yang dibuat selama pasar bearish. Dalam hal itu, saham growth yang luar biasa dapat jatuh 40%, 50% atau lebih dan masih membuat breakout yang sukses.

Namun, penurunan yang dangkal lebih baik. Ini menunjukkan bahwa tangan besar menangkap saham.

Carilah volume yang relatif mengecil di sepanjang posisi terendah pada dasar. Volume juga harus ringan di Handle.

Price action yang lebih ketat lebih baik. Ini berlaku untuk hampir semua dasar. Dasar yang longgar dan berombak menunjukkan saham harus bergerak jauh untuk menemukan harga. Jika institusi memegang saham, itu tidak akan jatuh terlalu dalam.

Waktu Yang Tepat Untuk Beli Saham

Waktu Beli yang Tepat adalah tempat semua parameter di atas mengarah jika mereka muncul dengan benar. Titik beli dari dasar Cup and Handle muncul di titik tertinggi Handle, ditambah 10 sen. Dalam kasus mantan pemenang besar Baidu, titik pembelian yang tepat selama 14 Mei 2007, penembusan adalah 132,90, sepeser pun di atas tinggi intraday Handle 132,80.

Kurang dari enam bulan kemudian, mesin pencari web China terkemuka meroket menjadi 428, naik 222%.

Volume pada Breakout

Bahkan jika semua parameter lain datang bersamaan, Anda harus menghindari saham yang breakout di bawah moving average 10 minggu mereka.

Juga, ketika saham breakout, Anda biasanya melihat pasar cepat dalam melakukan turnover. Volume idealnya harus naik setidaknya 40% di atas rata-rata 50 hari. Untuk saham kecil dan menengah, perkirakan volume breakout akan berlipat dua atau tiga.

Apa yang harus Anda lakukan jika volume pada hari breakout jauh lebih ringan dari biasanya? Terkadang volume akan bertambah dalam beberapa sesi berikutnya. Volume rendah di pasar secara umum juga bisa menjadi faktor. Juga pertimbangkan bahwa breakout mungkin dimulai di kemudian hari.

Seorang ahli saham telah sering mengatakan pada seminar bahwa setelah saham breakout, ia ingin melihat kenaikan volume mingguan vs minggu sebelumnya. Ini menandakan pergeseran dalam demand untuk saham yang bisa terus berakumulasi.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Menurut Benjamin Graham

Harga Wajar dan Benjamin Graham Harga wajar atau Harga intrinsik adalah harga wajar suatu perusahaan. Jika harga saham diatas Harga wajar artinya saham tersebut mahal dan jika dijual dibawah Harga wajar artinya saham tersebut murah.Salah satu investor yang mempopulerkan tentang Harga wajar adalah Benjamin Graham. Seorang investor yang menjadi figur penting Warren Buffet. Benjamin Graham mengajar di Columbia Business School tempat Warren Buffet menimba ilmu. Benjamin Graham menulis buku the security analysis dan juga the intelligent investor. Buku yang merupakan legenda dan bacaan wajib bagi para value investor di seluruh dunia. Buku yang juga dibaca dan didalami oleh Warren Buffet ataupun Lo Kheng Hong. Harga Wajar menurut Benjamin Graham Mari saya jelaskan bagaimana contoh menghitung Harga wajar. Dan sebagai contoh perusahaan maka saya akan menggunakan salah satu perusahaan lain yang saya beli. Saya menggunakan data EPS 2018 dengan harga EPS 141,84 Komponen yang saya gunakan ada 2 dal