google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Saham Langsung ke konten utama

Saham

Apa Itu Saham?

Saham (juga dikenal sebagai ekuitas) adalah keamanan yang mewakili kepemilikan sebagian kecil dari suatu perusahaan. Ini memberikan hak kepada pemilik saham untuk mendapatkan bagian dari aset dan keuntungan perusahaan yang sama dengan berapa banyak saham yang mereka miliki.

Saham dibeli dan dijual terutama di bursa saham, meskipun ada juga penjualan pribadi, dan merupakan dasar dari banyak portofolio investor individu. Transaksi ini harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan. Secara historis, mereka telah mengungguli sebagian besar investasi lain dalam jangka panjang. Investasi ini dapat dibeli dari sebagian besar pialang saham online.

Memahami Saham

Korporasi menerbitkan (menjual) saham untuk mengumpulkan dana guna menjalankan bisnis mereka. Pemegang saham (shareholder) membeli bagian dari korporasi dan, tergantung pada jenis saham yang dimiliki, mungkin memiliki klaim atas sebagian dari aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegang saham sekarang menjadi pemilik perusahaan penerbit saham. Kepemilikan ditentukan oleh jumlah saham yang dimiliki seseorang relatif terhadap jumlah saham yang beredar. Misalnya, jika sebuah perusahaan memiliki 1000 lembar saham beredar dan satu orang memiliki 100 lembar saham, orang tersebut akan memiliki dan mengklaim 10% dari aset dan pendapatan perusahaan.


Pemegang saham tidak memiliki perusahaan; mereka memiliki saham yang diterbitkan oleh perusahaan. Tetapi korporasi adalah jenis organisasi khusus karena hukum memperlakukan mereka sebagai badan hukum. Dengan kata lain, perusahaan mengajukan pajak, dapat meminjam, dapat memiliki properti, dapat digugat, dll. Gagasan bahwa korporasi adalah "person" berarti bahwa korporasi memiliki asetnya sendiri. Kantor perusahaan yang penuh dengan kursi dan meja adalah milik perusahaan, dan bukan milik pemegang saham.

Pembedaan ini penting karena harta perusahaan secara hukum terpisah dari harta pemegang saham, yang membatasi kewajiban baik korporasi maupun pemegang saham. Jika korporasi bangkrut, hakim dapat memerintahkan semua asetnya dijual – tetapi aset pribadi Anda tidak berisiko. Pengadilan bahkan tidak bisa memaksa Anda untuk menjual saham Anda, meskipun nilai saham Anda akan turun drastis. Demikian juga, jika pemegang saham utama bangkrut, dia tidak dapat menjual aset perusahaan untuk melunasi utang kepada kreditur.

Pemegang Saham dan Kepemilikan Ekuitas

Yang sebenarnya dimiliki pemegang saham adalah saham yang dikeluarkan oleh korporasi; dan korporasi memiliki aset yang dimiliki oleh perusahaan. Jadi, jika Anda memiliki 33% saham suatu perusahaan, tidak benar untuk menyatakan bahwa Anda memiliki sepertiga dari perusahaan itu; justru benar untuk menyatakan bahwa Anda memiliki 100% dari sepertiga saham perusahaan. Pemegang saham tidak dapat melakukan apa yang mereka inginkan dengan perusahaan atau asetnya. Seorang pemegang saham tidak dapat membawa keluar kursi atau meja karena perusahaan memiliki kursi atau meja itu, bukan pemegang saham. Ini dikenal sebagai "pemisahan kepemilikan dan kontrol."

Memiliki saham memberi Anda hak untuk memberikan suara dalam rapat pemegang saham, menerima dividen (yang merupakan keuntungan perusahaan) jika dan ketika dibagikan, dan memberi Anda hak untuk menjual saham Anda kepada orang lain.

Jika Anda memiliki mayoritas saham, hak suara Anda meningkat sehingga Anda secara tidak langsung dapat mengontrol arah suatu perusahaan dengan menunjuk dewan direksinya. Ini menjadi paling jelas ketika satu perusahaan membeli yang lain: perusahaan yang mengakuisisi tidak membeli gedung, kursi, karyawan; itu maksudnya membeli semua saham. Dewan direksi bertanggung jawab untuk meningkatkan nilai perusahaan, dan sering kali melakukannya dengan mempekerjakan manajer profesional, atau pejabat, seperti Chief Executive Officer, atau CEO.


Bagi sebagian besar pemegang saham biasa, tidak mampu mengelola perusahaan bukanlah masalah besar. Pentingnya menjadi pemegang saham adalah Anda berhak atas sebagian dari keuntungan perusahaan, yang, seperti yang akan kita lihat, merupakan dasar dari nilai saham. Semakin banyak saham yang Anda miliki, semakin besar porsi keuntungan yang Anda dapatkan. Banyak emiten, bagaimanapun, tidak membayar dividen, dan sebaliknya menginvestasikan kembali keuntungan kembali ke pertumbuhan perusahaan. Laba ditahan ini, bagaimanapun, masih tercermin dalam nilai saham.

Saham Biasa dan Saham Preferen

Ada dua jenis utama saham: biasa dan preferen. Saham biasa, biasanya memberikan hak kepada pemiliknya untuk memberikan suara pada rapat pemegang saham dan menerima dividen yang dibayarkan oleh perusahaan. Pemegang saham preferen umumnya tidak memiliki hak suara, meskipun mereka memiliki klaim yang lebih tinggi atas aset dan pendapatan daripada pemegang saham biasa. Pemilik saham preferen menerima dividen sebelum pemegang saham biasa dan memiliki prioritas jika perusahaan bangkrut dan dilikuidasi.


Perusahaan dapat menerbitkan saham baru setiap kali ada kebutuhan untuk mengumpulkan uang tambahan. Proses ini melemahkan kepemilikan dan hak pemegang saham yang ada (asalkan mereka tidak membeli penawaran baru). Perusahaan juga dapat terlibat dalam pembelian kembali saham yang akan menguntungkan pemegang saham yang ada karena akan menyebabkan nilai saham mereka naik.

Saham dan Obligasi

Saham diterbitkan oleh perusahaan untuk meningkatkan modal, dalam rangka mengembangkan bisnis atau melakukan proyek baru. Ada perbedaan penting antara apakah seseorang membeli saham secara langsung dari perusahaan ketika menerbitkannya (di pasar perdana) atau dari pemegang saham lain (di pasar sekunder). Ketika korporasi menerbitkan saham, ia melakukannya dengan imbalan uang.


Obligasi secara fundamental berbeda dari saham dalam beberapa hal. Pertama, pemegang obligasi adalah kreditur korporasi, dan berhak atas bunga serta pembayaran pokok. Kreditur diberikan prioritas hukum atas pemangku kepentingan lainnya dalam hal kepailitan dan akan dibuat utuh terlebih dahulu jika suatu perusahaan terpaksa menjual aset untuk melunasinya. Pemegang saham, di sisi lain, berada di urutan terakhir dan sering kali tidak menerima apa pun, atau hanya sedikit, jika terjadi kebangkrutan. Ini menyiratkan bahwa saham secara inheren adalah investasi yang lebih berisiko daripada obligasi.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan