google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 15 Maret 2018 Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 15 Maret 2018

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 15 Maret 2018

Market Review 15 Maret 2018
(Investment Information Team,  Mirae Asset Sekuritas Indonesia)

IHSG ditutup melemah -60.71 poin (-0.95%) ke level 6,321.904 pada perdagangan hari ini. Tercatat 123 saham menguat dan 253 saham melemah. Mayoritas sektor ditutup melemah, pelemahan dipimpin oleh sektor Infrastructure (-2.65%), sektor Mining (-1.37%), sektor Misc-Ind (-1.36%), dan sektor Finance  (-1.24%), sementara hanya satu sektor yang ditutup menguat yaitu sektor Agri (+0,21%). Investor asing mencatatkan transaksi net sell sejumlah Rp 635 Milyar di seluruh Pasar pada perdagangan hari ini. US Dollar menguat (+0.13%) terhadap Rupiah, sehingga Rupiah melemah terhadap dollar yaitu di level Rp 13,748 terhadap US Dollar di akhir perdagangan.

Advance Stocks:

-TAXI : Harga saham TAXI ditutup menguat Rp 16 (+21.62%) ke level Rp 90 pada perdagangan hari ini. Persaingan industri taksi berubah drastis dengan hadirnya transportasi berbasis online yang menawarkan tarif lebih kompetitif seperti Go-Car, Grabcar, dan Uber. Kerasnya persaingan ini membuat PT Express Transindo Utama Tbk, perusahaan dengan kode saham TAXI mengalami kerugian yang cukup besar dan terpaksa mem-PHK 250 orang karyawannya. Tidak hanya itu, saham perseroan pun juga akhirnya jatuh ke level Rp50 untuk pertama kalinya, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan di level Rp200. Melihat gejala disrupsi taksi konvensional dari taksi online ini, pemerintah mencoba membuat peraturan untuk “menyelamatkan” perusahaan taksi konvensional, dan membuat keduanya dapat bekerjasama.Tidak hanya itu saja, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan untuk memoratorium atau menghentikan sementara perekrutan pengemudi taksi online yang berlaku sejak Senin 12 Maret kemarin. Efek peraturan ini jelas dapat berdampak positif bagi perusahaan taksi konvensional, karena hal ini akan membuat perusahaan transportasi konvensional seperti Blue Bird dan Express Taxi berkesempatan memperoleh penumpang lebih besar.

-BWPT : Harga saham BWPT ditutup menguat Rp 10 (+4.58%) ke level Rp 228 pada perdagangan hari ini. Grup Rajawali diisukan kembali akan melepas sisa kepemilikannya dalam PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT). Namun, manajemen menampik kabar tersebut. Satrio Tjai, Direktur Rajawali Corpora menampik kabar penjualan tersebut. Seperti diketahui, ada rumor yang menyebut kepanjangan tangan Grup Rajawali, yakni, PT Rajawali Capital akan melepas 11,86 miliar atau setara 37,64% saham BWPT. Jumlah saham itu yang kabarnya bakal dilepas kepada dua calon investor strategis. Salah satu calon investor itu adalah Grup Salim. Satu calon lagi merupakan nama lama yang memang sudah menjadi bagian dari BWPT, yakni Federal Land Development Authority (Felda). Felda menguasai 11,66 miliar atau setara 37% saham BWPT melalui anak usahanya, FIC Properties Sdn Bhd.

-RALS : Harga saham RALS ditutup menguat Rp 25 (+1.97%) ke level Rp 1.290 pada perdagangan hari ini. Kinerja PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk pada tahun ini kembali akan dipengaruhi tingkat daya beli masyarakat. Hal itu tidak lepas dari faktor segmen pasar emiten berkode RALS tersebut yang menyasar masyarakat menengah ke bawah. Analis Danareksa Sekuritas, Adeline Solaiman menyampaikan, ketika daya beli masyarakat melemah, hal itu akan berdampak besar pada masyarakat menengah ke bawah yang notabene tidak memiliki pendapatan berjumlah besar. Kondisi yang berbeda terjadi pada masyarakat menengah ke atas. Kelompok masyarakat tersebut umumnya masih mampu melakukan konsumsi dalam jumlah besar, kendati kondisi ekonomi sedang tidak stabil dan terjadi penurunan daya beli.

Decline Stocks:

-PGAS : harga saham PGAS ditutup melemah Rp 110 (-4.56%) ke level Rp 2.300 hari ini. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tercatat mengalami penurunan kinerja keuangan dalam lima tahun terakhir. Berdasarkan data dari Komisi VI DPR RI tercatat laba usaha dan laba bersih PGN dalam lima tahun berturut-turut turun selama tahun 2012 hingga 2017. Padahal menurut Anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, PGN masih bisa mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan penyaluran gas. Begitu pula dengan aset PGN yang meningkat dalam periode 2012 hingga 2016. Menurut Rieke dalam jawaban tertulis Direksi PGN, sejak selesai dibangun 2014, FSRU Lampung beroperasi tidak maksimal sesuai rencana. Makanya PGN terus harus membayar sewa sebesar lebih dari US$ 90 juta.

-JSMR : harga saham JSMR ditutup melemah Rp 70 (-1.40%) ke level Rp 4.920 hari ini. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) berencana membangun ruas tol Jakarta-Cikampek II Selatan pada tahun depan. Sebelumnya, perusahaan akan menunjuk kontraktor pembangunan pada semester II-2018. Desi Arryani, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan proses (persiapan), sehingga baru akan melakukan konstruksi pada tahun depan. Sebab saat ini perusahaan baru akan melakukan penetapan lokasi untuk ruang tol tersebut. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini akan memiliki panjang 64 kilometer (km), diperkirakan investasi untuk pembangunannya mencapai Rp 14,6 triliun. Pembangunannya akan dilakukan oleh PT Jasa Marga Japek Selatan dan PT Wira Nusantara Bumi.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr