google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 27 September 2018 Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 27 September 2018

*Mirae Asset Sekuritas Indonesia*
Investment Information Team

*Market Review 27 September 2018*

Tercatat 202 saham menguat dan 161 saham melemah. *IHSG +55.9 poin (+0.95%) ke level 5,929.2*, dan *LQ-45 +12.7 poin (+1.37%) ke level 938.2*.

*Sectoral Return :*
- Agri -0.27%
- Mining +1.08%
- Basic-Ind +1.40%
- Misc-Ind +0.37%
- Consumer +2.19%
- Property +0.54%
- Infrastructure +0.87%
- Finance +0.30%
- Trade +0.60%
- Manufacture +1.70%

Investor asing *net sell senilai Rp 73 Miliar*.

*USD/IDR +12.00 poin (+0.08%)* terhadap Rupiah di angka 14,922.50.

*Saham yang ditutup menguat*

- *MEDC ditutup menguat Rp 55 (+6.11%) ke level Rp 955*. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) merampungkan penerbitan obligasi berkelanjutkan III Medco tahap II tahun 2018 dengan jumlah pokok Rp 1,25 triliun. Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, obligasi ini terdiri dari dua seri. Seri memiliki total nilai Rp 1,15 triliun. Obligasi bertenor tiga tahun ini memiliki bunga 10%. Obligasi seri B bertenor lima tahun dengan bunga 10,75%. Dua seri obligasi ini ditawarkan dengan kesanggupan penuh atau full commitment.

- *DSSA menguat Rp 1,725 (+13.96%) ke level Rp 14,075*.  PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) memiliki cucu usaha di Hong Kong. DSSA Lewat anak usahanya yakni PT DSSE Energi Mas Utama mendirikan One Global Power Limited, perusahaan yang berbasis di Hong Kong. Dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (26/9), pendirian perusahaan baru tersebut untuk keperluan investasi. One Global Power Limited yang 100% sahamnya dimiliki DSSE Energi Mas Utama berdiri dengan modal ditempatkan dan disetorkan senilai HK$ 10.000.

- *RIGS menguat Rp 12 (+3.40%) ke level Rp 364*. PT Rig Tenders Indonesia Tbk (RIGS) menjual 8 kapal tongkang yang sudah tua untuk mengurangi beban biaya operasional perusahaan dalam hal biaya perbaikan kapal selama 2017 sampai 2018. Direktur RIGS, Mastura Binti Mansor mengatakan, hasil penjualan kapal tersebut mencapai US$ 1,8 juta karena kapal yang dijual ini merupakan kapal-kapal yang sudah lama tidak beroperasi. Sementara untuk rencana pembelian kapal baru, Mastura mengatakan RIGS masih butuh rencana lebih matang karena biaya pembelian kapal yang mahal.

- *ULTJ menguat Rp 60 (+4.91%) ke level Rp 1,280*.  PT Ultra Jaya Milk Industry Tbk (ULTJ) berupaya untuk mengembangkan lini bisnisnya di masa mendatang. ULTJ sudah meluncurkan tiga produk baru di semester I 2018 yaitu Ultra Milk Taro, Ultra Milk Karamel dan Teh Kotak Lemon. Muhammad Muthassawar, General Manager Public Relations ULTJ menyatakan bahwa pada semester II tahun ini, pihaknya belum ada rencana menambah produk baru lagi. Azwar juga mengungkapkan bahwa pihaknya juga belum ada rencana untuk menambah pabrik baru di tahun ini.

- *BSSR menguat Rp 130 (+5.13%) ke level Rp 2,660*.  PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR) akan membagikan dividen interim sebesar Rp151,22 per lembar saham kepada para pemegang sahamnya pada 19 Oktober 2018 mendatang. Menurut keterangan perseroan yang diperoleh Kamis, cum dan ex dividen di pasar reguler/negosiasi pada 2 dan 3 Oktober 2018 sedangkan di pasar tunai pada 5 dan 8 Oktober 2018 dengan DPS hingga 5 Oktober 2018.

*Saham yang ditutup melemah*

- *BUMI melemah Rp 4 (-1.83%) ke level Rp 214*.  PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) pada Rabu (26/9) melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melibatkan secara sukarela manajemen dan karyawan dalam pengecatan, pembuatan mural dinding, serta pembersihan area bangunan dari sekolah PAUD Evita Galuh yang berlokasi di Desa Tegal Angus, Kabupaten Tangerang, Banten.

- *HEAL melemah Rp 80 (-2.46%) ke level Rp 3,170*. Sebanyak 11 perusahaan asuransi yang tergabung dalam Forum Asuransi Kesehatan Indonesia (Formaksi) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Hermina Group atas pasien Coordination of Benefit (CoB) BPJS Kesehatan. Ketua Umum Formaksi Christian Wanandi mengatakan, penandatanganan ini merupakan addendum dari kerja sama direct billing yang sudah berjalan sebelumnya. Namun, dengan adanya jaminan BPJS Kesehatan maka diperluas untuk pasien BPJS Kesehatan.

- *GDST melemah Rp 13 (-8.49%) ke level Rp 140*. Rencana merger antara PT Gunawan Dianjaya Steel Tbk (GDST) dengan PT Jaya Pari Steel Tbk (JPRS) akhirnya mendapatkan persetujuan pemegang saham. Hadi Sutjipto, Direktur PT GDST mengatakan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilaksanakan kedua emiten tersebut kemarin, Rabu (26/9) memutuskan menyetujui aksi penggabungan kedua perusahaan. Adapun berdasarkan prospektus yang dipublikasikan perseroan di situs BEI, Senin lalu (24/9), kedua emiten baja tersebut telah menyelesaikan proses penilaian independen sehingga mendapatkan niai pasar wajar 100% saham JPRS adalah sebesar Rp 381 per lembar saham.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr