Langsung ke konten utama

Investasi Saham Syariah, Alhamdulillah Menguntungkan dan Halalan Toyyiban


Investasi saham di pasar modal sejatinya bisa dilakukan siapa saja. Tak ada kriteria khusus, misalnya investor pemilik modal besar saja atau hanya para pengusaha.

Saham ada dua jenis, yakni saham konvensional dan saham syariah. Saat ini, saham syariah banyak diburu investor sebab memiliki ciri khas.

Saham syariah adalah investasi pada perusahaan yang kegiatan usahanya sesuai prinsip syariah. Mempunyai mekanisme transaksi sesuai syariah dan diawasi Dewan Pengawas Syariah.

Tidak kenal sistem bunga dan riba. Yang ada prinsip bagi hasil, jual beli, dan sewa karena orientasi keuntungannya untuk dunia akhirat. Hubungan dengan investor pun dalam bentuk kemitraan.

Investor Saham Syariah

Sama seperti saham konvensional, membeli saham syariah berarti Anda menjadi pemilik perusahaan tersebut. Tentunya dengan kepemilikan saham sesuai yang dibeli.

Menjadi investor saham syariah, artinya Anda juga berhak mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar secara berkala dan mendapatkan dividen atau pembagian keuntungan perusahaan.

Agar tujuan investasi saham syariah tercapai, ada baiknya kenali produk investasi ini terlebih dahulu. Mulai dari pemilik perusahaan, manajemennya, rencana bisnis, laporan keuangan, serta kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.

Dengan demikian, Anda tidak membeli kucing dalam karung yang dapat membuat Anda justru mengalami kerugian.

Keuntungan Beli Saham Syariah

Saham syariah merupakan jenis saham yang paling pas untuk Anda yang ingin bertransaksi secara aman, halal, dan sesuai hukum Islam. Dengan investasi saham syariah, Anda akan Transaksi saham diawasi otoritas Bursa Efek Indonesia sehingga dipastikan aman dan lancar

Investor berhak menerima keuntungan sesuai dengan persentase yang telah disepakati dengan emiten di awal sebelum investasi dilakukan

Saham syariah dijalankan dengan prinsip halal, jadi tidak ada yang namanya transaksi haram di dalamnya, seperti perjudian, pemalsuan, atau penipuan

Alokasi aset, pendapatan, dan praktik investasi sepenuhnya dijalankan menggunakan guideline aspek-aspek syariah.

Langkah Investasi Saham Syariah

Melihat manfaat saham syariah di atas, apakah Anda tertarik menjadi salah satu investornya? Jika ya, berikut langkah-langkah investasi saham syariah yang perlu diterapkan.

1. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan

Sama seperti saham konvensional, Anda yang ingin menjadi investor di saham syariah harus melengkapi beberapa dokumen. Di antaranya, Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, formulir pendaftaran rekening efek, dan materai. Bagi yang masih berstatus sebagai pelajar, maka bisa menggunakan identitas diri saja tanpa disertai NPWP.

Semua dokumen ini dibawa dan diserahkan kepada petugas di bagian pendaftaran rekening efek. Jika dokumen sudah lengkap, tinggal menunggu selama kurang lebih 5-7 hari kerja sampai status rekening efek berubah menjadi aktif.

2. Isi saldo dan lakukan transaksi

Jika rekening efek telah aktif, saatnya mengisi saldo di rekening tersebut. Saldo minimum di rekening efek syariah, yaitu Rp 100.000 saja. Jumlah yang sangat terjangkau, bukan?

Setelah itu, lakukan pembelian saham seperti biasa. Untuk setiap pembelian maupun penjualan saham, investor harus menanggung biaya komisi broker sebesar 0,15% untuk pembelian dan 0,25% untuk penjualan. Persentase ini akan dihitung berdasarkan total transaksi beli maupun jual.

3. Konsisten investasi saham syariah

Sebagai investor, Anda tentu menginginkan keuntungan maksimal, kan? Bisa, dengan cara investasi saham syariah dalam jangka panjang.

Selain itu, emiten yang dipilih juga harus berbobot. Dalam arti, aktivitas operasional emiten lancar, memperoleh profit, dan porsi utang lebih kecil daripada aset yang bisa dilihat di laporan keuangan perusahaan.

Investasi adalah Cara Melipatgandakan Uang

Investasi dalam bentuk apapun, termasuk investasi saham syariah merupakan cara paling tepat untuk mengembangbiakkan uang Anda. Imbal hasil atau keuntungannya selalu lebih tinggi dibanding laju inflasi.

Dengan begitu, uang Anda tidak akan habis digerogoti inflasi seperti pada simpanan tabungan. Seperti yang dikatakan Lo Kheng Hong, investor saham kawakan yang dijuluki Warren Buffett-nya Indonesia.

“Harta karun kekayaan terbesar yang ada di dunia, adanya di pasar modal. Bukan di bawah laut. Nilainya nyata dan transparan. Sangat disayangkan bila ada orang yang tidak mengenal pasar modal.”

Yuk investasi saham di Bursa Efek Indonesia!

sumber : cermati


Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online


Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham BBHI, BBRI, FREN dan HRUM oleh MNC Sekuritas | 8 Agustus 2022

MNCS Daily Scope Wave 8 Agustus 2022 Menutup akhir pekan kemarin (5/8), IHSG ditutup menguat 0,4% ke level 7,084, namun pergerakan IHSG pun masih tertahan oleh Upper Band dan volume yang cenderung mengecil. Kami memperkirakan, posisi IHSG saat ini sudah berada di akhir wave (c) dari wave [x] pada label hitam atau wave (D) pada pola triangle pada label merah, yang berarti penguatan IHSG akan relatif terbatas untuk menguji area 7,103 hingga 7,150. Setelahnya, IHSG akan rawan terkoreksi ke rentang 6,875-7,014 terlebih dahulu. Support: 7,030, 6,900 Resistance: 7,100, 7,194 BBHI - Buy on Weakness (3,850) Pada perdagangan Jumat (5/8), BBHI ditutup menguat cukup signifikan sebesar 6,4% ke level 3,850, penguatan BBHI diiringi dengan kenaikan volume namun masih tertahan oleh MA60. Kami perkirakan, selama BBHI tidak terkoreksi ke 3,560 sebagai supportnya maka posisi BBHI sedang membentuk awal dari wave C dari wave (B). Buy on Weakness: 3,740-3,840 Target Price: 4,350, 5,030 Stoploss: below 3,55

Rekomendasi Saham SMDR, BRIS dan BIPI oleh Mirae Asset Sekuritas | 12 Agustus 2022

Mirae Asset Sekuritas Daily 12 Agustus 2022 by Tasrul IHSG Daily, 7,160.38 (+1.05%), limited upside, test resistance at 7,190, daily trading range 7,133 - 7,190, cut loss level di 7,020. Koreksi indikator MFI optimized, indikator RSI optimized dan indikator W%R optimized sementara tertahan dengan kecenderungan naik terbatas di overbought area. Indeks ini masih berada diatas short & long moving average optimized optimized. Pada periode weekly indikator MFI optimized, indikator RSI optimized dan indikator W%R optimized masih cenderung bergerak naik namun mulai terbatas  SMDR Daily, 2,700 (-1.82%), trading buy, TP 2,910 daily trading range 2,670 - 2,830, cut loss level di 2,650. Indikator MFI optimized, indikator RSI optimized dan indikator W%R optimized akan menguji support trendline. Harga saat ini di atas short moving average optimized namun masih di bawah long moving average optimized.  BRIS Daily, 1,570 (+1.94%), trading buy, TP 1,640, daily trading range 1,540 - 1,610, cut loss

Irwan Hidayat (Direktur) Beli 1,27 Juta Saham SIDO Di Harga Rp780 Per Unit

Salah satu petinggi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), yakni Irwan Hidayat telah membeli saham SIDO di Pasar. Direktur SIDO tersebut telah membeli saham sebanyak 1.279.400 lembar. Pembelian dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2022. Dengan dibelinya saham SIDO, maka Irwan Hidayat saat ini mengenggam sejumlah 0,0004 persen dari total saham SIDO yang beredar, dari sebelumnya nihil. "Tujuan transaksi (pembelian saham SIDO) ini penambahan kepemilikan saham dengan surat kepemilikan saham langsung," tulis Manajemen SIDO dalam laporan kepemilikan sahamnya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebagai informasi, saham SIDO di beli oleh Irwan Hidayat di harga Rp780 per lembar sahamnya. Jika dihitung, maka Irwan Hidayat telah mengeluarkan dana setidaknya sekitar Rp1 miliar untuk melancarkan aksi beli tersebut. Sebelumnya, Analis dari PT Kanaka Hita Solvera (KHS), Daniel Agustinus mengutarakan pendapatnya terkait SIDO. Adapun ekspansi bisnis yang dilakukan Manajemen SIDO nan