7 Cara Analisis Saham Lengkap

Sponsored Links:
Investor bergantung pada analisis saham untuk menemukan saham yang berpotensi menguntungkan. Cara umum untuk menganalisis saham meliputi analisis teknikal dan fundamental. Beberapa komponen termasuk dalam analisis fundamental, termasuk pemeriksaan price-to-eaning ratio perusahaan, earning per share, book value, dan return on equity. Banyak investor juga menggunakan rekomendasi analis keuangan untuk menganalisis suatu saham. Jenis analisis saham yang ada tinggal Anda terapkan didasarkan pada preferensi pribadi. Pahami berbagai cara untuk menganalisis saham untuk menemukan metode yang paling sesuai dengan tujuan keuangan Anda.


Analisis teknikal

Analisis teknikal mempelajari penawaran dan permintaan saham di pasar. Investor yang menggunakan analisis teknikal percaya bahwa kinerja historis suatu saham menunjukkan bagaimana kinerja saham di masa depan. Sedikit perhatian diberikan pada nilai perusahaan. Analisis teknikal menempatkan fokus besar pada studi tren, grafik, dan pola.

PER

Metode umum untuk menganalisis saham adalah mempelajari Price-to-earning ratio. Anda menghitung PER dengan membagi nilai pasar saham per saham dengan pendapatannya per saham. Untuk menentukan nilai suatu saham, investor membandingkan PER saham dengan para pesaingnya dan standar industri. PER yang lebih rendah dipandang menguntungkan oleh investor.

Earning per Share

Earning per share perusahaan menunjukkan seberapa efisien pendapatannya mengalir ke investor. Peningkatan EPS dianggap sebagai pertanda baik oleh investor. Menurut NASDAQ, semakin tinggi EPS perusahaan, semakin banyak nilai saham Anda, karena investor mencari untuk membeli saham perusahaan ketika pendapatan tinggi.

PEG Ratio

Price-to-earnings growth ratio mengambil PER selangkah lebih maju dengan mempertimbangkan pertumbuhan perusahaan. Untuk menghitung PEG, Anda membagi PER dengan tingkat pertumbuhan 12 bulan. Anda memperkirakan tingkat pertumbuhan di masa depan dengan melihat tingkat pertumbuhan historis perusahaan. Investor biasanya menganggap saham bernilai jika PEG lebih rendah dari 1.

Book Value

Metode lain yang digunakan untuk menganalisis suatu saham adalah menentukan rasio harga terhadap buku perusahaan. Investor biasanya menggunakan metode ini untuk menemukan perusahaan dengan pertumbuhan tinggi yang undervalued. Rumus untuk rasio P/B sama dengan harga pasar saham perusahaan dibagi dengan nilai buku ekuitasnya. Nilai buku ekuitas diperoleh dengan mengurangi nilai buku kewajiban dari nilai buku aset. Investor melihat rasio P/B yang rendah sebagai tanda bahwa saham berpotensi undervalued.

Return on Equity (ROE)

Investor menggunakan laba atas ekuitas untuk menentukan seberapa baik perusahaan menghasilkan pengembalian positif bagi pemegang sahamnya. Menganalisis ROE dapat membantu Anda menemukan perusahaan yang menghasilkan laba. ROE dihitung dengan membagi laba bersih dengan rata-rata ekuitas. Peningkatan ROE yang terus-menerus adalah pertanda baik bagi investor.

Rekomendasi Analis Saham

Banyak investor menggunakan rekomendasi analis untuk mengukur saham dengan cepat. Analis melakukan penelitian fundamental dan teknikal yang luas, dan mereka mengeluarkan rekomendasi beli atau jual. Sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham, investor biasanya menggunakan rekomendasi analis bersamaan dengan teknik analisis saham.

Komentar