google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Arti Window Dressing dalam Saham Langsung ke konten utama

Arti Window Dressing dalam Saham

Pada kesempatan kali ini kita membahas tentang arti window dressing dalam saham. Di dalam artikel ini kami mencoba menyampaikan informasi lengkap tentang arti window dressing dalam saham. Kami telah menyusun artikel kali ini dengan seksama. Harapannya melalui artikel ini mampu memahamkan kita semua tentang arti window dressing dalam saham dengan baik.

Arti Window Dressing dalam Saham

Arti Window Dressing dalam Saham
Berdasakan keterangan yang didapatkan dari kamus Dictionary of Finance and Invesment Terms, Frasa "Window Dressing" ini dikatakan dalam bahasa Inggris adalah trading activity near the end of a quarter or end of year that is designed to dress up a Portfolio to be presented to clients or share holders. Maka jika kita melihat definisi yang termaktu itu bisa kita analogkan bahwa kegiatan window dressing sebenarnya tidak harus hanya menaikkan nilai harga saham pada pasar sekunder saja, akan tetapi juga bisa dengan melakukan perubahan terhadap saham yang dimiliki. Pada intinya, window dressing ini merupakan sebuah upaya untuk mempercantik portfolio yang ada.

Ketika melakukan upaya mempercantik portfolio yang dipunyai ini, ada hal-hal yang sudah biasa menjadi alasan atau pertimbangan yang digunakan oleh pihak-pihak yang akan hendak melaksanakan window dressing tersebut, antara lain sebagai berikut:

Kinerja periode atau tahun berjalan

Nilai harga saham, sebenarnya, tidak mungkin dapat lepas dari hubungannya dengan kinerja fundamental sebuah emiten saham yang terkait dan terhadap para kompetitor perusahaannya atau bahkan pasar modal jika dilihat secara keseluruhan. Oleh karena itu, apabila kinerja sebuah perusahaan sedang bagus dan kemungkinan ke depan masih akan bagus atau bahkan lebih bagus, maka kegiatan untuk melakukan aktifitas dalam rangka menaikkan nilai harga saham ini sering sekali dilakukan. Akan tetapi, apabila kinerja emiten tersebut sedang jelek atau pasar modal secara umum juga sedang mengalami penurunan, maka mendiamkan atau bahkan dengan segaja melakukan penurunan harga saham juga kadang harus dilakukan. Jadi pada intinya adalah bagaimana satu pihak yang mempunyai kepentingan dapat meyakinan pihak lain bahwa nilai harga saham yang mereka miliki adalah tepat, sesuai dengan kinerja secara khusus dan kondisi pasar secara umum.

Masa Depan

Oleh karena pasar saham ini tidak bisa dilepaskan dari pengaruh persepsi, maka mempunyai portolifo yang sesuai dengan persepsi masyarakat secara umum merupakan sebuah kebenaran. Oleh karena itu, mungkin saja ada banyak pihak-pihak yang jelas-jelasdengan penuh kesadaran sengaja melakukan penukaran saham yang ditengarai akan semakin baik di masa datang akan lebih menghasilkan keuntungan. Menggunakan kegiatan semacam ini maka beberapa saham yang dipunya bisa disajikan dengan lebih baik dan terihat telah sesuai dengan persepsi yang dianggap benar pada saat itu.

Mark Down atau Mark Up.

Ini adalah sebuah kegiatan yang dengan sengaja melaksanakan pembelian pada jumlah yang besar atau melaksanakan kegiatan jual beli seolah-oleh terdapat proses pembelian dalam jumlah yang besar, agar nilai harga saham naik menuju level yang diharapkan ( mark up ) atau dengan penuh kesadaran sengaja melaksanakan aktifitas penjualan secara besar atau melaksanakan kegiatan jual beli seolah-olah terdapat penjualan dengan jumlah yang besar, agar saham tersebut turun menuju level yang diharapkan ( mark down ). Alasan kenapa terdapat pihak yang melaksanakan mark up adalah agar nilai harga saham atau portfolio yang mereka miliki terlihat lebih bagus, yang dengan kata lain, ini memberikan keuntungan yang tentunya dia harapkan. Kemudian, kenapa harus ada mark down, alasannya adalah agar portfolio yang dipunya bisa disajikan dengan harga rendah dengan cara sekaligus melaksanakan realokasi profits yang tentunya telah terealisasi, agar ke depannya nanti potensi keuntungan bisa menjadi lebih besar.

Yang kami sebutkan di atas adalah tiga kemungkinan alasan. Dan mungkin bisa jadi masih terdapat alasan lainnya, yang memaksa kegiatan window dressing akan selalu terdapat di pasar saham. Kegiatan ini tidaklah kegiatanyang dilarang BEI atau OJK, selama pihak yang berusaha untuk tidak melanggar beberapa aturan yang berlaku. Kita sebaiknya memperhatikan kegiatan ini di pasar, apabila dilaksanakan sesuai dengan kondisi pasar dan kinerja serta pada nilai harga saham yang wajar, maka sebenarnya kita bisa saja cukup hanya menjadi penonton yang menikmati pertunjukan saja. Akan tetapi, apabila ini dilakukan di luar logis, maka kita jelas bisa memberikan reaksiatas kegiatan tersebut yaitu dengan melaksanakan pembelian jika harga mengalami penurunan terlalu rendah, atau, menjual jika nilai harga saham dinaikkan terlalu tinggi.

Demikian tadi adalah artikel tentang arti window dressing dalam saham. Kami berharap yang sedikit ini mampu menambah wawasan kita semua. Juga semoga artikel tentang arti window dressing dalam saham ini memberi manfaat untuk kita semua. Silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain jika menurut anda artikel ini akan berguna bagi orang lain juga. 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Rekomendasi Saham BBRI, GGRM, DRMA dan ACST oleh RHB Sekuritas Indonesia | 26 Oktober 2023

RHB Sekuritas Indonesia 26 Oktober 2023 Muhammad Wafi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Bank Rakyat Indonesia terlihat kembali melakukan rebound disertai volume dan menguji resistance garis MA20 sekaligus resistance bearish channel-nya. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal reversal dari fase bearish untuk menguji resistance garis MA50. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 5.125 dengan target jual di Rp 5.325 hingga Rp 5.575. Cut loss di Rp 5.000. PT Gudang Garam Tbk (GGRM) Gudang Garam terlihat melakukan rebound dan breakout resistance garis MA50 disertai volume dan menguji resistance garis MA20. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal breakout menuju fase bullish dan menguji level tertingginya di bulan Oktober 2023. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 24.800 dengan target jual di Rp 25.375 hingga Rp 26.650. Cut loss di Rp 24.525. PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) Dharma Polimetal terlihat melakukan rebound d