google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Langsung ke konten utama

Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Pengertian IHSG. Pada kesempatan kali ini kita membahas tentang Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Di dalam artikel ini kami mencoba menyampaikan informasi lengkap tentang arti IHSG atau Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Kami telah menyusun artikel kali ini dengan seksama. Harapannya melalui artikel ini mampu memahamkan kita semua tentang Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dengan baik.

Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
Indeks Harga Saham Gabungan biasanya disingkat dengan nama IHSG, dalam Bahasa Inggris dia biasa disebut juga dengan Indonesia Composite Index, ICI, atau IDX Composite. Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) atau arti IHSG adalah merupakan satu dari beberapa indeks pasar saham (stock market) yang dipakai oleh Bursa Efek Indonesia (BEI; dahulu Bursa Efek Jakarta (BEJ)). IHSG ini diperkenalkan pertama kali pada tanggal 1 April 1983, fungsi indeks harga saham berperan sebagai sebuah indikator yang mencitrakan pergerakan harga saham di BEJ secara umum. Indeks IHSG ini melingkupi pergerakan harga semua saham biasa dan saham preferen yang sudah tercatat resmi di BEI. Hari initial atau pertama untuk perhitungan nilai IHSG merupakan tanggal 10 Agustus 1982. Pada waktu itu, Indeks dibuka dengan Nilai Dasar 100 dan saham atau emiten yang tercatat pada saat itu hanyalah berjumlah 13 saham.

Posisi harian yang tertinggi yang sudah dicapai IHSG dalam sejarah adalah 5.251,296 poin yang waktu itu tercatat pada tanggal 21 Mei 2013. Di sisi lain, posisi nilai pada penutupan pasar tertinggi yang pernah dicapai adalah 5.214,976, yaitu pada tanggal 20 Mei 2013.

Cara Menghitung Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Prinsip yang dipakai dalam cara menghitung indeks harga saham merupakan jumlah Nilai Pasar dari total seluruh saham yang telah tercatat pada pada BEI sejak tanggal 10 Agustus 1982. Jumlah Nilai Pasar ini merupakan total keseluruhan perkalian setiap saham yang tercatat (kecuali khusu perusahaan yang sedang berada dalam program restrukturisasi) dengan harga di BEJ pada hari tersebut. Rumus perhitungan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) adalah sebagai berikut:
Cara Menghitung Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
Perhitungan Indeks mewakili pergerakan harga seluruh saham di pasar/bursa efek Indonesia yang terjadi melalui sistem jual beli lelang. Nilai Dasar ini akan diatur secara cepat dan tepat jika terjadi perubahan kapital suatu emiten atau terdapat faktor-faktor lain yang tidak memiliki hubungan dengan harga saham. Penyesuaian ini akan dilaksanakan jika ada pendaftaran masuk emiten baru, HMETD (right issue), partial/company listing, waran dan obligasi konversi demikian juga delisting. Ketika terdapat kasus stock split, dividen saham atau saham bonus, Nilai Dasar tidak disesuaikan, ini adalah karena Nilai Pasar itu tidak terpengaruh. Harga saham yang dipakai untuk menghitung IHSG merupakan harga saham yang terdapat di pasar reguler yang diatur dengan mengacu pada harga yang terjadi berdasarkan sistem perdagangan lelang.

Perhitungan IHSG ini dilaksanakan setiap hari, yaitu ketika penutupan proses jual beli di bursa pada setiap harinya. Sekarang ini, pelaksanaan perhitungan IHSG ini bisa dilaksanakan beberapa kali atau bahkan dalam beberapa menit, hal ini bisa dilakukan setelah sistem jual beli otomasi diimplementasikan dengan baik, seperti sekarang ini dimana software jual beli sudah sangat canggih.

Demikian tadi adalah artikel tentang Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Kami berharap yang sedikit ini mampu menambah wawasan kita semua. Juga semoga artikel tentang Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ini memberi manfaat untuk kita semua. Silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain jika menurut anda artikel ini akan berguna bagi orang lain juga. 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit